Banyak sekali pada saat menyimpan kontak di Android itu selalu ada yang sama atau lebih dari 1 penyimpanannya. Itu yang menyebabkan memory ponsel Anda menjadi cepat penuh.

Hal tersebut disebabkan karena terlalu banyak pada saat melakukan factory reset dan pada saat melakkan sinkronisasi kontak. Terkadang untuk mengatasi hal ini Anda sering menghapusnya satu per satu. Tapi hal ini butuh waktu yang lama dan membuang waktumu. Maka dari itu dibutuhkan cara yang cepat dan sederhana untuk menghapus kontak yang ganda yang ada di Android Anda dengan cepat.

1.Di Android atau smartphone Anda hampir semua sudah dilengkapi fitur merge atau sering disebut juga menggabungkan , dengan adanya fitur ini dapat memindai semua kontak bahkan menghapus kontak yang ganda atau sama. Untuk menggunakannya itu cukup akses aplikasi contacts – menu – merge accounts – merge form google – ok. Cara ini untuk menggabungkan akun yang ada di kontak Android Anda yang sama untuk menghapus kontak yang sama dalam beberapa akun. Namun cara ini belum dapat berjalan baik untuk semua kontak yang sama.

2.Dengan menggunakan gmail Anda dapat back – up data penting atau kontak yang ada di Android Anda. Pada saat Anda menggunakan gmail ini ada fitur sinkronisasi kontak dengan gmail. Fitur sinkronisasi ini ada bawaan dari Android yang Anda gunakan untuk mengsinkronkan semua kontak dengan akun gmail Anda yang aktif di ponsel Anda.

Caranya: buka akun gmail-contacts-more-find duplicates. Tunggu beberapa saat kemudian akan muncul kontak yang sama di ponsel Anda. Untuk kontak yang tidak ingin dihapus anda cukup centang kontak yang adan pilih untuk tidak dihapus. Jika akan di hapus akan klik merge, maka proses penghapusan kontak yang sama selesai.

3.Bisa juga menggunakan aplikasi duplicate contacts. Aplikasi ini dapat dicari di Google Play Store untuk menghapus kontak yang sama. Caranya menggunakannya Install dan buka aplikasi ini, akan secara otomatis aplikasi yang telah diinstall tadi akan memindai dan kontak yang sama akan terlihat. Setelah semua kontak yang sama itu terlihat, Anda centang lalu klik delete selected dan yes. Semua kontak yang sama akan terhapus.

 

WhatsApp chat