Untuk para pengguna perangkat elektronik pastinya sudah mengetahui istilah screenshoot gambar ataupun tampilan layar di suatu perangkat elektronik. Banyak sekali perangkat yang bisa mengambil screenshoot ini.

Mulai dari Smartphone, iOS, Windows bisa untuk mengscreenshoot berbagai tampilan yang ada diperangkat tersebut. Tidak banyak pengguna tau cara untuk mengambil screenshoot di perangkat mereka. Bahkan mungkin baru tau bahwa perangkatnya tersebut bisa untuk mengambil gambar dengan perangkatnya. Berikut cara – cara untuk mengambil screenshoot di berbagai perangkat alat elektronik;

1.Windows

Pada perangkat windows banyak cara untuk mengambil gambar atau screenshoot dengan sederhana.

  • Bisa dengan menekan tombol PrtScn di keyboard, setelah itu pengguna bisa menyalin atau mencopy (CTRL + C) tampilan yang telah di printscreen di layar dan bisa disimpan di clipboard. Lalu tempelkan hasil dengan menekan CTRL + V pada software untuk mengedit gambar tersebut seperti paint, photoshop, dan lain sebagainya.
  • Tidak ya dengan tombol PrtScn saja, pengguna pun bisa menggunakan tombol Windows+PrtScn untuk mengambil screenschoot dan dapat menyimpannya ke folder screenshoot yang terdapat pada folder Picture.
  • Alt+PrtScn untuk mengambil gambar ataupun tampilan layar yang sedang aktif saja dan bisa menyalinnya di clipboard.
  • Jadi banyak cara yang dapat dilakukan pada windows ini, bahkan dengan tools yang tersedia seperti snipping tool.

2.iOS

pada perangkat iOS, caranya sangat mudah sekali, pengguna iOs bisa menggunakan tombol sleep/wake, home. Caranya tekan tombol kombinasi Sleep/Wake+Home. Mungkin di perangkat Smartphone ataupun Android memiliki tombol kombinasi yang berbeda dengan iOS.  Jadi kembali lagi ke system operasi dan vendornya masing – masing. Tidak hanya itu iOS pun memiliki aplikasi pihak ketiga yaitu LonelyScreen, jadi pengguna bisa merekam tampilan layar pada perangkat iOS yang sedang digunakan melalui fitur AirPlay.

Cukup mudah bukan? Mengambil gambar atau screenshoot di berbagai perangkat yang digunakan. Jadi tidak perlu repot – repot untuk mengambil gambar di sebuah perangkat. Itulah cara – cara untuk mengambil screenshoot di berbagai perangkat. Semoga bermanfaat

WhatsApp chat