Transaksi yang dilakukan pada mobile app makin lama makin meningkat di mana orang sekarang sudah makin tidak segan untuk membeli item premium di aplikasi yang digunakannya, menggunakan aplikasi untuk melakukan transaksi, membeli barang, dan sebagainya. Tapi di antara aplikasi yang sukses dimonetasi, ribuan lainnya gagal dan hanya menjadi satu dari sekian banyak aplikasi yang ada di app store. Anda tentu ingin aplikasi yang dibuat bisa menghasilkan, bukan? Temukan ilmunya di kursus mobile app terbaik di DUMET School yang nantinya Anda akan dibina untuk memahami prinsip pembuatan mobile app sukses berikut ini.

Lakukan riset

Mobile app yang Anda buat nantinya harus memiliki perbedaan dibandingkan dengan aplikasi serupa yang sudah ada. Hal apa yang luput dari perhatian pengembang aplikasi lainnya tapi bisa jadi ladang emas untuk menarik lebih banyak pengguna dan meningkatkan konversi. Lakukan juga riset kata kunci yang bisa memudahkan mesin pencari melakukan indeks pada aplikasi Anda nantinya sehingga bisa muncul di urutan teratas pada halaman pencarian.

Perencanaan pemasaran

Hal-hal yang termasuk dalam pemasaran antara lain adalah bagaimana aplikasi Anda akan dimonetasikan, siapa target audiensnya, berapa harga yang pas dan mampu dijangkau oleh target audiens aplikasi, apakah fitur baru akan dirilis secara berkala atau sekaligus, dan berbagai macam perencanaan lain yang berhubungan dengan pemasaran aplikasi.

Navigasi dan alur gerak aplikasi

UX (user experience) adalah faktor yang sangat penting dalam membuat aplikasi mobile. Jika pengguna merasa tidak nyaman dengan sistem alur gerak aplikasi yang Anda buat maka ia tidak akan segan untuk meninggalkan aplikasi Anda tanpa pikir panjang (dan mencari produk aplikasi dari saingan Anda). Oleh karena itu harus benar diperhatikan mengenai navigasi tombol-tombol yang ada di dalam aplikasi, serta alur gerak aplikasi dari satu layar ke layar lainnya.

Desain yang responsif

Ada banyak perangkat ponsel di pasaran saat ini dengan masing-masing ukuran layar yang berbeda. Mobile app Anda harus bisa beradaptasi dengan perbedaan ukuran layar perangkat yang digunakan oleh pengguna dan inilah yang dinamakan dengan desain aplikasi yang responsif, ia bisa menyesuaikan diri secara otomatis tergantung dengan ukuran layar yang sedang digunakan. Jika tidak, maka bisa jadi tampilan aplikasi yang terlihat bagus di layar perangkat A akan terlihat seperti melar dan tertarik pada layar perangkat B.