Produk mobile app baik untuk Android maupun iOS saat ini adalah produk yang sangat laris di dunia teknologi, tidak heran jika makin banyak orang tertarik untuk belajar membuat mobile app dengan mengikuti kursus mobile app atau belajar sendiri. Untuk membuat sebuah mobile app diperlukan bahasa pemrograman yang tepat sesuai dengan OS aplikasi dan juga preferensi dari pengembangnya sendiri. Bagi Anda yang masih belajar, berikut adalah rekomendasi bahasa pemrograman terbaik untuk membuat mobile app yang bisa dipelajari di tempat kursus mobile app.

Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang sudah tua usianya tapi sampai sekarang masih termasuk bahasa yang banyak digunakan oleh pengembang mobile app di seluruh dunia. Ia bisa digunakan untuk mengerjakan Android maupun iOS, tapi untuk iOS Anda harus mempelajari framework yang lain. Sedangkan untuk membuat mobile app Android, Java cukup mudah untuk digunakan dan tidak berantakan.

Swift

Jika Anda lebih suka membuat aplikasi untuk iOS, Swift adalah bahasa pemrograman yang wajib untuk dikuasai. Swift dibuat oleh Apple tahun 2014 dan sengaja dibuat untuk iOS, macOS, watchOS, tvOS, Linux, dan z/OS. Dengan Swift, menulis kode  untuk API terbaru dari Apple seperti Cocoa Touch dan Cocoa jadi jauh lebih mudah dan lebih mulus. Swift juga bisa mengatasi masalah keamanan yang biasanya terjadi dengan aplikasi-aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman yang lain.

Kotlin

Saat ini Kotlin sedang naik daun sebagai bahasa pemrograman yang paling disukai untuk membuat mobile app, terlebih setelah Google mengumumkan pengembangnya menggunakan Kotlin sebagai prioritas untuk mengembangkan Android. Ia dianggap bisa mengatasi keterbatasan yang biasanya dirasakan pengembang ketika menggunakan Java.

JavaScript

Namanya mirip dengan bahasa pemrograman Java, JavaScript juga memiliki beberapa persamaan cara kerja dengan Java maka tidak heran jika nama ini terdengar familiar di kalangan orang awam sekalipun. Dengan menggunakan bahasa pemrograman ini Anda bisa membuat aplikasi yang bisa berjalan di beberapa platform sekaligus mau itu di Android, iOS, Windows, maupun Linux. Tapi, JavaScript kurang bagus jika digunakan untuk membuat aplikasi berskala besar karena masih memiliki masalah dengan keamanannya.

WhatsApp chat