Aplikasi yang Berguna Untuk Pencegahan Pelecehan Seksual – Pelecehan seksual adalah sebuah kejahatan yang menakutkan. Apalagi sekarang ini para pelaku pelecehan seksual berkeliaran bebas di luar sana karena para korban merasa malu dan takut untuk melaporkannya. Tentunya pelecehan seksual ini memiliki dampak yang negatif bagi korbannya, baik secara fisik maupun mental. Apalagi jika korbannya masih anak-anak.Berikut dampak negatif yang akan dirasakan korban :

  1. Trauma berkepanjangan
  2. Stress atau frustasi yang mendalam
  3. Ketakutan dan merasa tidak berdaya
  4. Kehilangan rasa percaya diri
  5. Gangguan makanan
  6. Dyspareunia
  7. Vaginismus
  8. Diabetes tipe 2
  9. Hypoactive sexual desire disorder (HSDD)
  10. Disosiasi

Maka dari itu, kini ada beberapa aplikasi untuk mencegah pelecehan seksual yang dapat membantu kita kapanpun dan dimanapun. Aplikasi apa sajakah itu? Silahkan disimak teman-teman 😉

1. Women’s Safety App

Aplikasi Women’s Safety App ini adalah platform bagi para perempuan untuk melaporkan pelecehan seksual yang dialaminya. Aplikasi ini dilengkapi dengan tombol yang langsung terhubung dengan Punjab Women Helpline dengan menginformasikan pelaporan sekaligus lokasi kejadian via GPS. Jadi kalian hanya perlu menekan satu tombol, maka polisi akan langsung datang. Sayangnya, aplikasi ini baru ada di Pakistan saja.

2. Kitestring

Kitestring adalah aplikasi yang akan melacak jejakmu pada saat kamu tidak bisa dihubungi. Karena aplikasi ini akan merekam jejakmu dalam perjalanan. Kamu bisa setting jam berapa kamu berangkat dan estimasi jam sampai rumah. Di jam yang telah kamu set tadi, aplikasi ini akan mengecek apakah kamu sudah sampai rumah atau belum melalui sebuah pesan, dan jika pesan itu tidak kamu jawab, secara otomatis Kitestring akan mengirimkan pesan darurat pada nomor kontak yang kamu masukan di aplikasi ini.

3. Not Your Baby

Aplikasi ini akan memberikan tips dan trik mengenai langkah-langkah yang harus kamu lakukan jika kamu mendapatkan gangguan dari orang tak dikenal. Selain itu, aplikasi Not Your Baby juga menyediakan informasi mengenai fakta dan beberapa kisah seputar pelecehan seksual supaya kamu menjadi lebih waspada.

4. HELP

Aplikasi yang berguna untuk pencegahan pelecehan seksual selanjutnya yaitu HELP. Aplikasi ini memiliki 4 tombol penting yaitu:

  • Emergency Button yang terhubung dengan Komnas Perempuan, Kementerian Sosial, International Organization for Migration (IOM) dan Kementerian Pemberdatayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA)
  • 110 Button
  • Buzz Button
  • SOS Button yang terhubung dengan polisi

Jika kamu dalam situasi mencurigakan dengan orang-orang yang tidak dikenal, kamu bisa menekan tombol-tombol tersebut dan pihak-pihak yang terlibat akan segera melacak keberadaanmu.

Itulah beberapa Aplikasi yang Berguna Untuk Pencegahan Pelecehan Seksual. Unduhlah beberapa aplikasi di atas untuk berjaga-jaga. Semoga bermanfaat 😉

WhatsApp chat