Sekarang ini banyak sekali aplikasi yang bisa memudahkan segalanya, termasuk mendigitalkan foto-foto lama. Pasti teman-teman semua mempunyai dokumentasi foto-foto di zaman dulu “jadul”. Namun jika foto-foto tersebut tidak di digitalkan maka tidak menutup kemungkinan kalau foto tersebut bisa rusak, dicuri dan kualitas gambar juga bisa makin kabur. Tapi kini tidak perlu khawatir, karena sekarang ada aplikasi yang bisa untuk digitalkan foto lama.

Aplikasi yang saya maksud adalah aplikasi PhotoScan. Aplikasi ini bertujuan untuk mengajak orang-orang mendigitalkan foto-foto lama “jadul”. Aplikasi PhotoScan ini bisa kalian download di Google Play Store. Aplikasi PhotoScan ini nantinya secara otomatis akan mendeteksi bingkai, meluruskan foto, memutar ke rotasi yang akurat, dan menghilangkan “silau” yang sering muncul saat kalian memotret foto lama “jadul” dengan kamera ponsel.

Cara menggunakan aplikasi PhotoScan ini sangat mudah sekali. Ketika nanti membuka aplikasinya, teman-teman tidak diminta untuk mendaftarkan diri atau sign up. PhotoScan ini langsung mengindentifikasi identitas teman-teman lewat akun google. Nanti ada laman kamera beserta tombol pemindainya untuk memindai foto, dokumen-dokumen, seperti paspor atau KTP.

Ketika nanti teman-teman menggunakan aplikasi photoscan ini, kalian hanya tinggal memposisikan foto atau dokumen dikontak pemindai PhotoScan dilayar aplikasi. Setelah itu teman-teman tekan tombol pemindai yang ada dilayar sebelah bawah. Jadi nanti didalam aplikasinya akan memunculkan empat bulatan putih yang tentunya harus dibidik satu-satu oleh lensa kamera. Tiap membidik satu bulatan, teman-teman harus menunggu sampai bulatan itu terisi penuh dengan warna biru. Kemudian, PhotoScan itu akan memproses gambar/foto yang ingin kalian scan. Setelah itu teman-teman bisa menekan ikon disamping kanan tombol pembidik untuk melihat hasilnya. Aplikasi PhotoScan ini akan secara otomatis memotong, merotasi dan mengoreksi warna dari gambar/foto yang dipindai.

Teman-teman bisa menyimpan hasil pemindaiannya itu di Google Photos, atau juga bisa memilih menyimpan foto hanya digaleri smartphone teman-teman. Nah, itulah sedikit informasi tentang  Aplikasi PhotoScan untuk Digitalkan Foto Lama “Jadul”. Selamat mencoba aplikasi PhotoScan dan semoga bermanfaat.

WhatsApp chat