Tidak akan habisnya jika kita membahas mengenai Smartphone Android. Banyak sekali perkembangan yang dilakukan pada Smartphone dan aplikasi pendukungnya.

Ditambah lagi dengan kebutuhan pada Smartphone Android yang terus menerus dibutuhkan. Misalnya data mobile atau wifi ataupun jaringan internet yang sering digunakan untuk browsing, akses media sosial, game online dan sebagainya.

Dengan menggunakan data mobile biasanya pengguna tidak memperhatikan sisa kuota data tersebut. Biasanya pengguna untuk menggunakan data mobile dengan paket yang tersedia khusus data mobile. Penggunaan data mobile sering kali tidak terkendali bahkan bisa melebihi dari data yang sudah dipaketin. Dengan adanya hal tersebut pastinya kita harus menghemat data mobile yang kita punya bukan? Agar tidak terlalu boros.

Biasanya aplikasi Smartphone yang menguras data mobile lebih cepat, semua aplikasi yang menggunakan koneksi internet. Nah jangan sampai kita menggunakan aplikasi yang cepat menguras data internet. Ada beberapa aplikasi penghemat data Smartphone Android :

1.Facebook Lite

Aplikasi Facebook Lite ini merupakan salah satu aplikasi Smartphone Android yang dapat menghemat data mobile. Aplikasi ini sengaja dibuat untuk mengakses pada Smartphone yang spesifikasinya rendah. Aplikasi Facebook Lite loading timenya lebih cepat dikarenakan konten – konten nya lebih rendah kualitasnya jika dibandingkan dengan mengakses Facebook melalui aplikasi Smartphone Facebook Messanger.

2. Opera Browser

Opera Browser adalah salah satu browser hampir sama seperti Chrome dan Mozilla Firefox. Tidak familiar browser chrome dan mozilla firefox, browser ini memiliki fitur opera turbo dengan menggunakan opera ini pengguna bisa melakukan penghematan data saat browsing dengan opera  browser. Untuk mengakses fitur di bagian setting  di opera browser. Masuk setting – tap bagian data savings – masuk ke halaman pengaturan data savings. Hal ini juga untuk mengaktifkan enable data savings dan block ads jadi  menghemat data mobile. Tidak hanya itu pengguna juga bisa mengurangi ukuran bar  image quality jadi pada saat load gambardi operas tidak banyak menguras data mobile.

3. Opera max

Opera Max adalah salah satu aplikasi VPN yang dapat mengurangi penggunaan data mobile bisa sampai 50%. Ini juga merupakan bagian dari browser kecil dari bagian opera browser. Jadi untuk tidak perlu khawatir lagi kuota terkuras habis dengan berbagai aplikasi yang ada di Smartphone. Dengan melakukan kompresi data dari jaringan koneksi internet sebelum masuk ke Smartphon Android. Untuk  menggunakan fitur yang ada pada kompresi, pengguna membuka aplikasi kompresi dengan menge – tap tombol besar bewarna merah di bagian tengah. Fungsinya untuk mengaktifkan fitur data savings. Fitur ini untuk menghemat data mobile dan data yang ditransfer via wifi dengan kompresi data.

Itulah beberapa aplikasi penghemat data Smartphone Android yang bisa pengguna Smartphone gunakan. Jangan sampai kuota data mobile kita terkuras dengan berbagai aplikasi. Semoga bermanfaat

WhatsApp chat