Biasanya semakin banyak aplikasi yang kita pasang di smartphone milik kita maka semakin lambat juga smartphonenya. Hal ini disebabkan karena terbatasnya RAM di smartphone kita. Sebagai pengguna smartphone yang pintar hendaknya kita memilih aplikasi apa saja yang perlu dipasang di smartphone kita. Berikut ini aplikasi-aplikasi yang membuat smartphone lambat, ini bisa jadi pertimbangan kita untuk memasang aplikasi apa saja

1. Aplikasi Cuaca

Sebenarnya dengan hadirnya aplikasi cuaca ini sangat membatu kita untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Misalnya saja ketika kita akan mengerjakan suatu pekerjaan dengan keluar rumah dan kita ingin tahu cuaca hari itu supaya tidak terkena hujan maka kita bisa memanfaatkan aplikasi cuaca ini. Tapi ternyata aplikasi cuaca ini bisa membuat RAM cepat penuh sehingga membuat smartphone melambat, selain itu juga aplikasi cuaca memakan banyak daya baterai sehingga baterai smartphone cepat habis.

2. Facebook

Sebenarnya ada beberapa tipe smartphone yang langsung menyediakan aplikasi Facebook ketika kita membeli smartphone tersebut. Ada juga yang tidak menyediakannya jadi kita harus memasang sendiri aplikasi Facebook. Facebook bisa membuat kapasitas penyimpanan atau RAM cepat habis sehingga smartphone menjadi lambat. Sebaiknya jangan memasang aplikasi Facebook tapi kalau memang ingin membuka Facebook kita bisa membukanya di browser supaya bisa lebih hemat memori atau kapasitas penyimpanannya.

3. Antivirus Gratis

Memang benar kalau smartphone membutuhkan antivirus karena smartphone sangat rentan dengan serangan virus. Tetapi apabila kita memasang antivirus yang gratis ternyata bisa membuat smartphone lambat dan juga daya baterai smartphone cepat habis. Sebaiknya pakailah antivirus yang berbayar atau premium.

4. Browser Bawaan Smartphone

Ternyata browser bawaan smartphone juga membuat smartphone lambat. Kalau kita ingin searching bisa menggunakan browser yang lainnya seperti Chrome atau Opera Mini. Selain membuat smartphone tidak lambat, browser bukan bawaan smartphone bisa menghemat penggunaan data internet.

Itulah aplikasi-aplikasi yang membuat smartphone lambat. Mulai sekarang jangan gunakan aplikasi-aplikasi tersebut jika tidak ingin smartphone-mu melambat, gantilah dengan aplikasi “alternatif” lain. Semoga bermanfaat ya 🙂

WhatsApp chat