Smartphone Android milikmu selalu dipakai untuk menginstall aplikasi-aplikasi yang ada di Google Play Store ya? Hati-hati jangan sembarangan menginstall aplikasi karena ada virus atau malware yang disisipkan pada aplikasi. Hal ini terjadi karena tidak ketatnya persyaratan dan seleksi aplikasi yang akan dipasarkan di Google Play Store. Tapi bagaimana jika ternyata dalam smartphone kita sudah terlanjur ada virusnya? Tenang, semua masalah pasti ada solusinya

Sebenarnya bisa saja kita menggunakan aplikasi antivirus yang ada di Google Play Store, namun mengingat kembali kalau virus disisipkan pada aplikasi kita perlu waspada juga terhadap aplikasi antivirus. Ada baiknya kita tidak tergantung pada aplikasi antivirus. Berikut ini cara untuk menghilangkan virus pada smartphone tanpa antivirus.

Melakukan Factory Reset

Cara untuk menghilangkan virus yang ada di smartphone milik kita bisa dengan cara factory reset. Sebenarnya resiko melakukan factory reset cukup tinggi karena bisa menghilangkan aplikasi yang sudah terpasang di smartphone kita. Bisa saja install lagi tapi aplikasi yang baru diinstall itu tidak menutup kemungkinan membawa virus lagi.

  • Masuk Pada Safe Mode

    Cara masuk Safe Mode setiap perangkat Android berbeda, silakan cari cara masuk Safe Mode dengan cara mengetikkan keyword Safe Mode disertai tipe perangkat. Namun biasanya dengan cara menekan tombol power dan volume ketika proses booting.
    Smartphone Android akan lebih ringan beroperasi ketika berada pada Safe Mode. Hal ini dikarenakan hanya ada aplikasi inti yang akan terlihat sedangkan aplikasi yang kita install akan menghilang. Tenang saja aplikasi tersebut tidak hilang permanen tapi hanya sementara saat smartphone kita berada pada Safe Mode. Maka dari itu ketika berada pada Safe Mode kita bisa leluasa berpindah antar sistem aplikasi tanpa kendala dan bisa memudahkan kita untuk membersihkan file seperti cache.

  • Cek Aplikasi Di Safe Mode

    Sekarang saatnya cek aplikasi yang terinstall. Caranya masuk ke Settings lalu buka Apps dan pilih tab Downloaded. Kalau smartphone kita terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah kita install di smartphone kita.

  • Hapus Aplikasi Asing

    Ketika menemukan aplikasi asing yang dirasa tidak pernah kita install langsung saja hapus. Caranya klik pada aplikasi tersebut dan pilin Uninstall. Tapi memang ada beberapa aplikasi asing yang tidak bisa dilakukan uninstall karena aplikasi tersebut sudah memberikan akses administrator.

  • Hapus Akses Administrator Aplikasi Asing

    Caranya, keluar dari Application Settings, lalu masuk ke Settings lalu pilih Security dan pilih Device Administrator. Sekarang cek lagi apakah aplikasi asing tadi masih ada atau tidak, seharusnya kita sudah bisa menghapus aplikasi asing tersebut.

  • Keluar Safe Mode

    Setelah semuanya selesai dilakukan saatnya keluar dari Safe Mode, caranya lebih mudah karena hanya dengan me-restart smartphone.

Nah itulah cara menghilangkan virus tanpa antivirus di smartphone Android. Semoga bermanfaat ya 🙂

WhatsApp chat