27kuota_habis

Di Artikel kali ini saya akan membahas mengenai 3 Trik agar kuota Internet tidak cepat habis, bagi kalian yang sering kesel atau jengkel karna kuota internetnya cepat habis sekarang tidak usah khawatir lagi karena saya akan membahas mengenai penghematan kuota internet.

Kuota dalam paket internet mengacu pada batasan banyaknya data yang bisa kamu  gunakan. Bagi kamu para pengguna smartphone yang selalu update dengan media sosial, pastinya kamu selalu mengandalkan paket data unlimited. Sayangnya, sebagian besar pengguna smartphone hanya tahu cara dasar untuk mengolah kuota paket data agar tidak cepat habis sebelum masanya.

Penyebabnya memang kebanyakan dari para pengguna smartphone lebih suka mendownload aplikasi dengan beban memory yang besar dan bermain mobile game online tanpa menggunakan dukungan koneksi Wi-Fi. Hal tersebut otomatis menyedot kuota paket data internet lebih banyak dari yang seharusnya digunakan.

Berikut tiga cara untuk menghemat kuota data internet agar kamu tidak menghabiskan kuota data internet kamu sebelum masanya

  • Ubah fitur “Maps” kamu ke mode offline

Fitur Maps yang ada di smartphone kamu ternyata bisa menyedot kuota internet kamu tanpa disadari, maka sebaiknya kamu ubah untuk pengaturannya ke mode offline. Cara lain agar tidak terganggu dengan fitur GPS yang ternyata menyedot data internet kamu dengan menggunakan aplikasi dimana kamu tetap memakai navigasi GPS dan turn-by-turn directions secara offline

  • Gunakan aplikasi `Mailbox` untuk keperluan email

Ketika kamu mau mengirim email atau mengunduh email dengan attachement yang besar dapat menyebabkan kuota data internet kamu terkuras,maka dari itu kamu harus harus beralih ke aplikasi yang dapat menghemat kuota data internet kamu, di aplikasi IOS dan Android ada namanya Aplikasi Mailbox dari Dropbox Aplikasi ini akan menolong kamu untuk menyimpan data yang seharusnya tidak tersedot ketika menggunakan email di aplikasi tetap smartphone kamu.

  • Pakai browser yang lebih efisien

Aplikasi browser yang sudah ada di smartphone kamu memang memiliki banyak kelebihan, namun bisa menyedot data internet kamu begitu besar. Cobalah unduh browser yang lebih efisien seperti Opera Mini yang mampu menyimpan data kamu secara primer dengan mengompres website yang kamu kunjungi.

Bahkan, ketika kamu memiliki banyak data atau menggunakan Wi-Fi, Opera Mini akan mematikan fitur data-saving dimana kamu akan mendapatkan pengalaman browsing yang baik dan sempurna. Untuk mengakses opsi data-saving Opera Mini, sentuh `O` dibawah layar Opera Mini dan sentuh area dengan tulisan `Savings enabled`.

Menariknya, ternyata Google Chrome bukan merupakan browser utama perangkat Android. Namun, kamu masih tetap bisa mengakali agar browser ini tetap hemat koneksi internet ketika browsing. Caranya, buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings, lalu sentuh Bandwith dan pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

Itulah Artikel mengenai 3 Trik agar kuota internet tidak cepat habis, saya harap kalian semua dapat mengikuti petunjuk diatas agar kuota internet kalian tetap bisa hemat walaupun sering digunakan.

WhatsApp chat