Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai fitur terbaru pada iPhone yaitu Viv, asisten suara yang memang dibuat oleh pencipta Siri, mari langsung saja kita bahas

Siri membuat iPhone lebih responsif dengan kecerdasan buatan, tapi sekarang pendirinya ingin menempatkan AI di setiap perangkat kalian sendiri. Dag Kittlaus, yang mendirikan Siri, meninggalkan Apple lima tahun yang lalu, tapi sekarang dia kembali dengan asisten suara baru bernama Viv bahwa ia memprediksi akan mengubah cara kita berinteraksi dengan tidak hanya telepon kami, tapi peralatan rumah kami, mobil, dan banyak lagi. Viv telah mendapat banyak hype untuk produk yang belum dikirimkan, tapi Kittlaus demoed Viv publik untuk pertama kalinya di TechCrunch Disrupt pada hari Senin.

Sekarang, Viv adalah sebuah aplikasi iOS, meskipun tidak akan selalu. Kalian membuka aplikasi dan mengajukan pertanyaan asisten atau perintah masalah. Ini dapat berkisar dari pertanyaan dasar seperti apa ramalan cuaca seperti yang Viv cepat menjawab dengan data Weather Underground, atau serumit, “Kirim Adam $ 20 untuk semalam,” dan Venmo menangani transaksi. Kalian tidak harus memiliki aplikasi ini diinstal untuk Viv untuk bekerja atas nama kalian.

 

“Tidak ada satu perusahaan di dunia memiliki sumber daya untuk pasang di semua layanan yang berbeda,” kata Kittlaus selama ia TechCrunch Disrupt demo. “Itulah yang Viv telah menghabiskan banyak waktu dan uang untuk. Setiap [asisten melakukan] 20-30 hal yang berbeda. Sekarang itu akan puluhan ribu hal yang berbeda. ”

Viv tidak hanya mencari denan Google untuk kaliaan. Ini mem-parsing permintaan kalian dan kemudian menulis sebuah program untuk menjawabnya.

Sedangkan perusahaan lain seperti Facebook bertaruh besar pada chatbots berbasis teks, Kittlaus berpikir percakapan-yang suara bisa chatting dengan perangkat kalian dalam bahasa alami tanpa menginstal dan berinteraksi dengan berbagai aplikasi-adalah masa depan. Tetapi mereka asisten harus lebih kuat daripada Siri, yang terbatas pada perangkat Apple dan tidak bisa menjawab banyak pertanyaan dasar, biarkan kamar hotel buku sendiri dan mengirim pembayaran Venmo atas nama kalian.

Siri dilaporkan masih terbatas dalam kemampuan karena keprihatinan yang mendalam Apple untuk privasi, tetapi perusahaan telah dikritik karena begitu lambat untuk membangun fungsionalitas lebih ke asisten iOS. Siri bahkan tidak belum tersedia di semua hardware Apple, meskipun rumor mengatakan Apple akhirnya membawa Siri untuk Mac musim gugur ini.

Dengan Siri, Kittlaus dan Co membuktikan mereka dapat membangun kecerdasan buatan yang skala. Sekarang, mereka ingin pergi bahkan lebih besar.

“Viv akan menjadi antarmuka cerdas untuk semuanya,” kata Kittlaus. “Untuk pengembang, ini akan menjadi pasar besar berikutnya. Hal yang datang setelah App Store adalah jenis baru dari pasar yang bekerja untuk semua perangkat yang berbeda. ”

Itu tujuan ambiitious, tetapi Viv adalah masih cara lepas dari melihat cahaya hari. Kittlaus kata Viv akan melihat “rolling peluncuran” menjelang akhir tahun ini, dengan mitra pengembang mengumumkan sekitar waktu yang sama.

Itu dia untuk berita terbaru mengenai fitur iPhone yaitu Viv yang memiliki kesamaan pada fitur yang sering kita kenal yaitu Siri, mereka memiliki keunggulan masing-masing dan mungkin salah satunya adalah yang ingin kalian gunakan karena efesiensi yang kalian dapatkan saat menggunakannya.

Terima kasih dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya 🙂