Sebuah virus Android baru telah ditemukan dan tampaknya menjadi bagian yang paling berbahaya dan canggih yang telah diteliti oleh peneliti malware. Virus ini memiliki lebih banyak kesamaan dengan infeksi tipe Windows dari pada yang sebelumnya dikenal pada Android.

Virus – virus malware yang telah menyitabanyak perhatian dalam komunitas Android yang disebut Obad. Bagian dari alasan mengapa trojan ini membuat resah banyak peneliti keamanan karena kode dan file yang dienkripsi. Ada juga isu bahwa virus ini tidak dapat di hapus.

Virus Yang Belum Meluas
Berita mengenai virus ini  bahwa sebenarnya tidak terlalu meluas penyebaran virusnya untuk saat ini, saat ini total sekitar 0,15% dari semua infeksi malware, tetapi ini tidak berarti kita dapat menganggap enteng karena bisa menyebar dengan sangat cepat.

Virus Hampir Tidak Bisa Untuk Dihapus
Setelah malware terinstal dan setelah itu memperoleh hak istimewa administratif lalau malware dapat men-download lebih banyak lagi malwar. Trojan ini juga mampu untuk menjalankan perintah dalam konsol Android yang dapat bersembunyi dari daftar aplikasi dan ini adalah mengapa virus hampir tidak mungkin bagi pengguna android umum untuk menghapusnya.

Virus ini memanfaatkan beberapa bug Android yang sebelumnya tidak diketahui. Menurut orang-orang dari Kapersky, trojan ini tampak lebih seperti infeksi Windows. Hal ini tampaknya menunjukkan bahwa Android menjadi lebih dan lebih populer banyak seperti Windows sebelum pada PC, itu akan menjadi lebih dan lebih rentan terhadap virus seperti ini.

Kapersky telah menghubungi Google tentang ancaman tetapi perusahaan Mountain View belum merespon.