Hallo kawan-kawan kali ini Saya meu memberitahu apa itu USB OTG, Fungsi, Smartphone yang Support, dan Cara Memakainya.

USB OTG adalah fitur dengan kabel USB untuk smartphone yang memudahkan kita untuk transfer data dari smartphone ke perangkat lain. Namun, fitur tersebut tidak mendukung semua smartphone. Agar bisa memakai fitur tersebut perlu menggunakan aplikasi atau tools pihak ketiga. Intinya fitur ini hampir sama seperti USB yang biasa digunakan pada PC untuk transfer data atau sinkronisasi.

Fungsi USB OTG:

  • Transfer file atau data antara storage device (flashdisk, micro SD, harddisk) dengan smartphone
  • Bisa menggunakan keyboard dan mouse
  • Bisa menggunakan DSLR controller bersama DSLR camera
  • Bisa menggunakan modem pada tablet
  • Kontroller game

Ciri – ciri Smartphone yang Bisa Menggunakan USB OTG

Dari beberapa sumber, ada yang mengatakan bahwa tidak semua smartphone support USB OTG. Hal ini, karena tidak semua kernel pada OS smartphone Android support USB OTG. Jadi, type atau merk smartphone Android tidak menjamin USB OTG bisa digunakan, tetapi USB OTG bisa digunakan tergantung dari kernel Android yang support atau tidak.

Untuk mengetahui smartphone yang support OTG, gunakan aplikasi “USB OTG Checker” yang bisa dicari di Play Store. USB OTG Checker ini mampu mendeteksi support atau tidaknya smartphone untuk memakai USB OTG. Jadi, kita tidak akan memaksakan penggunaannya yang bisa merusak smartphone kita.

Bagaimana Cara Menggunakan USB OTG

Setelah kita periksa ternyata smartphone kita support untuk memakai USB OTG, kita bisa langsung colok storage device seperti flashdisk, micro SD, dll untuk transfer data. Namun, terkadang ada beberapa perangkat yang sudah bisa memakai USB OTG, tetapi perlu aplikasi lagi seperti ES File EXplorer atau aplikasi Android lainnya atau harus rooting dulu.

Resiko Menggunakan USB OTG

Terkadang smartphone memang tidak mudah begitu saja agar bisa menggunakan fitur-fitur tambahan. Kalau pun bisa, pasti akan ada yang diutak-atik bagian pada smartphone tersebut, tetapi itu pun akan ada resikonya. Resiko yang paling sering terjadi, yaitu kerusakan pada memory atau flashdisk, karena perbedaan system yang tidak cocok.

Itulah artikel mengenai USB OTG, Fungsi, Smartphone yang Support, dan Cara Memakainya. Semoga informasi pengertian USB OTG dapat bermanfaat untuk kalian.