Masyarakat pasti sudah mengetahui mengenai browser yang ada. Khususnya browser pada Smartphone yang biasanya sudah ada pada bawaan sistem operasinya.

Browser sudah menjadi salah satu aplikasi yang harus dimiliki setiap kalangan masyarakat apalagi pengguna Smartphone. Aplikasi ini sangat membantu sekali ketika kita membutuhkan sesuatu dengan cepat. Banyak jenis aplikasi browser yang ada. Mulai dari Chrome, Mozila Firefox, explore dan sebagainya. Khususnya bagi pengguna Smartphone browser harus mengetahui nih caranya memaksimalkan performa penggunaan browser yakni Chrome. Tidak banyak yang mengetahui cara memaksimalkan performa penggunaan ini.

Pengguna hanya cukup mencoba mengutak – atik aplikasi ini untuk memaksimalkannya. Berikut trik untuk memaksimalkan performa penggunaan Chrome pada Smartphone Android.

1.Percepat waktku muat situs dengan Brotli

Tentunya aplikasi browser yang kita gunakan ingin cepat pada saat membuka situs di Chrome bukan? Hal itu bisa terjadi dengan menggunakan Brotli. Brotli ini berfungsi untuk mengompres data dari sebuah situs agar dapat dimuat lebih cepat dari sebelumnya. Biasanya program brotli ini digunakan di MacOS, Windows, Linux dan salah satunya Chrome OS.

Untuk mengaktifkan progra ini bisa diaktifkan dipengaturan dengan cara ketik chrome://flags/#enable-brotli pada laman pencarian Chrome. Jika sudah dibagian apling atas dengan tulisan “ Brodi Content-Encoding “ lalu pilih Default untuk mengaktifkannya. Dengan cara ini akan lebih memaksimalkan performa Chomenya.

2. Menambahkan Shortcut situs langsung di halaman depan

Jika pengguna chrome ini sering membuka halaman atau banyak situs berkali – kali, hal ini bisa dimanfaatkan untuk dijadikan shortcut pada Chrome. Jadi pada saat mengakses situs yang sering kita kunjungi bisa langsung dari halaman depan di menu Smartphone Android. Dengan menggunakan cara ini Smartphone tidak ada bekerja 2 kali lagi dan akan tetap terjaga performanya. Caranya adalah buka situs yang sering kita kunjungi pada Chrome – buka menu yang ada di bagian kanas atas – pilih opsi add to home screen.

3. Mengsinkronisasi tabs dan favorites di perangkat yang berbeda

Fitur ini dapat membantu pengguna khususnya yang memiliki lebih dari satu perangkat untuk mengakses situs dari banyak perangkat sekaligus. Jadi pengguna akan lebih mudah mengakses situs pada Smartphone.

Caranya adalah masuk ke menu di pengaturan Chrome – aktifkan Sync – lakukan hal yang sama diperangkat lain dan pastikan menggunakan akun yang sama agar riwayat penelusuran atau pencarian situsnya tersimpan dan bisa diakses antar perangkat.

4. Hemat data dari Chrome

Pastinya banyak yang berfikiran pada saat kita menggunakan Chrome pada Smartphone akan banyak menguras data. Tapi jangan khawatir dengan data yang digunakan saat membuat situs di Chrome. Dengan menggunakan fitur data server yang berfungsi mengompres situs yang dibuka jadi tidak akan menguras banyak data. Caranya adalah pilih menu- settings – data server – aktifkan fitur.

Itulah beberapa trik untuk memaksimalkan performa penggunaan Chrome pada Android. Jadi pengguna Android tidak perlu khawatir dengan penggunaan Chrome pada Smartphone. Semoga bermanfaat