Smartphone merupakan salah satu perangkat elektronik yang sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari.

Dengan menggunakan Smartphone semua informasi yang kita butuhkan dapat dengan mudah didapatkan dan bisa juga kita menggunakan Smartphone sebagai  media penyimpanan informasi-informasi, seperti data pribadi, no telp, foto-foto maupun video dan lain sebagainya.

Tapi kadang kala kita juga lupa Smartphone disimpan dimana karena keteledoran kita bisa saja Smartphonenya hilang. Pada saat Smartphone hilang bisa saja orang yang menemukannya mengetahui data yang ada di Smartphone kita. Tapi jangan khawatir, kini sudah ada cara untuk mengamankan Smartphone kita.

Berikut tips yang harus dilakukan untuk Smartphone tetap aman saat hilang:

  1. Menggunakan keamanan Smartphone

Gunakan keamanan Smartphone, kita bisa membuatnya dengan menggunakan password pada layar Smartphone. Saat layar Smartphone kita terkunci orang lain tidak bisa membuka layar Smartphone tanpa adanya password yang  benar. Tidak hanya password untuk layar Smartphone ada lagi keamanan Smartphone yaitu menggunakan sensor jempol pemilik Smartphone. Kelebihannya dengan menggunakan sensor jempol pemiliki orang lain juga tidak bisa membukanya karena hanya menggunakan jempol pemiliki saja yang bisa membukanya.

  1. Sebelum menggunakan Smartphone sebaiknya mencatat hal yang penting yang berkaitan dengan Smartphone karena dengan mencatat hal penting seperti IMEI (mobile station internation equipment identity), MEID (mobile equipment identifier), Serial number yang ada pada kemasan Smartphone saat membelinya hal ini dapat membantu untuk menemukan Smartphone yang hilang.
  2. Atau bisa juga menghubungi operator seluler dan menon-aktifkan layanan dengan menghubungi operator seluler. Menghubungi operator untuk melacak dimana posisi Smartphone yang hilang. Kelebihan lainnya dengan menon-aktifkan layanan penting agar orang yang menemukan Smartphone kita tidak bisa menggunakan Smartphone itu.
  3. Selain itu juga pemilik Smartphone dapat mengkonfigurasi Smartphonenya dengan menggunakan layanan Android Device Manager, atau yang menggunakan iOS memiliki iCloud dan fitur Find My iPhone. Hal ini juga dapat dengan mudah melacak Smartphone yang hilang.

Makadari itu kita harus berhati-hati agar tidak terjadi kehilangan Smartphone, dan jangan teledor ya menyimpan barang berharga kalian termasuk Smartphone kesayangan.