Sering sekali kita ingin mengabadikan data ataupun moment – moment tertentu. Biasanya bisa juga menggunakan Screenshoot untuk melakukannya. Contohnya mengabadikan bukti pembayaran yang sifatnya lembaran yang cukup panjang.

Tentunya kita ingin mendapatkan semua lembaran dalam 1 sheet saja bukan? Screenshoot merupakan salah satu cara untuk mendapatkan hal tersebut.

Bisanya hal ini dilakukan di Smartphone. Namun masing – masing Smartphone berbeda beda cara untuk mengambil gambar screenshootnya. Yang biasa digunakan untuk screenshoot yaitu tombol power + volume bawah, power + home dan ada cara lainnya.

Ada sebagaian Smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur long screenshoot dan ada juga yang tidak. Jadi dengan menggunakan fitur long screenshoot ini kita bisa mendapatkan hasil screenshoot annya secara menyeluruh atau bisa menangkap seluruh tampilan yang ada pada suatu situs ataupun aplikasi yang ingin diambil gambarnya.

Jika Smartphonenya belum mendukung fitur long screenshoot tidak perlu khawatir, karena ada cara mudahnya teman – teman. Berikut tips untuk menyimpan hasil screenshoot panjang pada Smartphone:

1.Install aplikasi scroll capture

Sering sekali pada saat kita browsing menemukan berita ataupun hal lainnya yang cukup panjang untuk di screenshoot. Tapi kita membutuhkan hal tersebut sebagai bukti ataupun sebagai moment yang  harus diabadikan. Karena ini sifatnya cukup panjang, maka kita bisa menggunakan aplikasi scroll capture, karena aplikasi menyediakan long screenshoot untuk satu halaman penuh. Untuk menyimpannya adalah:

Download aplikasi scrool capture – buka scrool capture – ketik alamat website yang dimaksud. Di sebelah pojok kanan atas ada tombol pengaturan lalu pilihlah kualitas gambar screenshootya. Agar hasil screenshootnya panjang, klik logo kamera yang ada pada bagian paling bawah.

2.Stitch & share

Jika kita ingin menyimpan screenshoot di luar browser contohnya chatting di WhatsApp ataupun aplikasi media social lainnya. Ini bisa menggunakan aplikasi stitch & share. Aplikasi ini memiliki cara kerja dengan menggabungkan beberapa screenshoot menjadi satu dan bisa mengeditnya agar terlihat rapi. Cara menggunakannya adalah

Install aplikasi stitch & Share, sediakanlah bahan hasil screenshoot yang akan digabungkan, secara otomatis akan terdekteksi. Klik ikon (+) – cari beberapa screenshoot yang akan digabungkan. Untuk mengeditnya, pilihlah ikon pensil.

Dengan dibantunya apikasi – aplikasi seperti yang sudah dijelasan diatas dapat mempermudah kita dalam mengabadikan moment yang sifatnya lembaran dan panjang. Itulah tips untuk menyimpan hasil screenshoot panjang pada Smartphone. Semoga bermanfaat ya.