Tentunya bagi anda – anda yang menggunakan Android sudah tidak asing lagi dengan manfaat yang disediakan oleh Android. Mulai dari mempermudah untuk berkomunikasi, menyimpan file – file seperti foto, video, music, game. Bahkkan untuk menyimpan file – file yang bersifat pentingpun bisa menggunakan Android.

Tapi jangan sampai file – file penting yang tersimpan di Android dapat diakses oleh pihak luar atau orang lain. Bisa saja orang terdekat kita yang dapat melihat file – file yang ada pada Android kita. Biasa sering kita sebut bajak handphone.

Pastinya banyak file – file yang tersimpan pada Android anda. Yang bersifat penting, semi penting dan tidak terlalu penting. Memang sering kali Android atau Smartphone itu digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi maupun sms. Tapi sekarang sudah banyak cara untuk melakukan komunikasi maupun mengirim pesan dengan cepat. Tidak hanya itu, bahkan Smartphone Android sudah banyak digunakan untuk menyimpan banyak file – file juga.

Jika sudah dibajak Androidnya pastinya mereka bisa saja melihat semua yang ada pada Android. Ada cara untuk mengatasi orang kepo atau membajak Smartphone Android dan kita tidak mau menolak teman kita meminjam Android kita.

Ada tipsnya untuk menyembunyikan file pada Android:

  1. Hidden file
  • Kita bisa menyembunyikan file di android tanpa menggunakan aplikasiBeri nama folder khusus untuk file yang akan disembunyikan. Dengan memberik nama dengan awalan titik {.}. sebagai contohnya membuat folder baru – beri nama “.sembunyi” . Jika sudah seperti itu teman anda tidak bisa melihat file rahasia. Jika kita ingin membukanya kembali dengan masuk ke file manager – klik icon tiga titik yang ada di sebelah kanan atas – hilangkan tanda centang pada “sembunyikan file sistem”.
  • Ini merupakan cara paling mudah sekali. Karena cara ini menggunakan sistem pada Android yang memang sengaja di design untuk membaca semua folder manager. Caranya dengan mengganti sistem tersebut agar file yang kita ingin sembunyikan tidak terbaca pada galeri ataupun aplikasi yang sudah tersediakan pada Android.
  • Kita bisa menyembunyikan file di android dengan menggunakan aplikasi
  1. ES File Explorer
  2. Caranya download aplikasi ES File Explorer di Google Play Store. Jika sudah buka aplikasi ES File Explorer. Setelah itu klik dan tahan folder yang nantinya akan disembuyikan. Aplikasi ini akan menampilkan pilihan layar di bagian bawah. Pilihlah mode lalu hide. Dengan cara itu folder yang kita maksud tidak ada ditemukan dimana pun.

Itulah tips untuk menyembunyikan file pada Android. Dengan menggunakan tips ini kita akan aman dari teman kita atau orang luar yang iseng atau membajak Android kita. Semoga bermanfaat teman – teman.