Bagi para pengguna Smartphone, pastinya sudah sering mengetahui akan adanya Wifi yang tersedia di perangkat Smartphone tersebut. Penggunaan Wifi sangat diprioritaskan sekali untuk para pengguna Smartphone. Karena dengan adanya Wifi, mereka akan dengan mudah menjangkau koneksi internet. 

Tentunya ingin mendapatkan sinyal yang kuat bukan untuk mengakses internet?? tapi sering kali juga ada sinyal Wifi yang lemah, sehingga membuat aktifitas yang berhubungan dengan internet menjadi terhambat. Tapi tidak perlu khawatir lagi, karena sekarang sudah banyak cara untuk membuat sinyal Wifi menjadi kuat, jadi bisa memperkuat penerimaan sinyal Wifi pada Smartphone, Android, maupun perangkat lain yang menggunakan Wifi.

Berikut tips untuk meningkatkan sinyal Wifi pada Smartphone:

1.Menggunakan Teknologi Wifi yang Terbaru

Jika sebelumnya pengguna Smartphone masih menggunakan teknologi wifi yang lama, disarankan untuk segera update lagi. Kini sudah ada 4 jenis teknologi wireless yang tersedia, yaitu A, B, G dan N. Tapi untuk teknologi wireless A, B, dan G ini memiliki kecepatan yang lambat, berbeda halnya dengan teknologi wireless N. Karena versi N ini adalah teknologi baru dan memiliki kecepatan lebih cepat dari teknologi lama yang bertujuan untuk mendapatkan kecepatan lebih maksimal lagi.

2.Pilih Posisi yang Tepat

Untuk memasang Wifi harus mencari posisi yang tepat, karena sinyal Wifi tidak dapat dilihat oleh kasat mata. Bisa jadi sinyal tersebut terhalang oleh tembok di sekitar router. Untuk  mendapatkan sinyal yang bagus saat internetan, perhatikanlah penempataan sinyal wifi tersebut.

3.Gunakan Channel yang Kosong

Pilihlah Channel wifi yang kosong penggunaanya agar tidak terjadi gangguan pada sinyal Wifi. Karena jika penempatan Wifi di tempat yang banyak orang menggunakan router wifinya maka sinyal Wifi akan menurun. Cara mengatasi hal tersebut, dapat menggunakan aplikasi inSSIDer.

4.Jauhi dari Perangkat Elektronik Lain

Ada beberapa perangkat elektronik seperti microwave yang menjadi salah satu penyebab terganggunya sinyal Wifi.  Untuk menghindari hal tersebut, jauhkan perangkat elektronik lain dari router. Untuk memindahkan frekuensi dengan mudah, Anda bisa menggunakan router dual band.

5.Perbaiki Sistem Keamanan

Biasanya penggunaan Wifi tiba – tiba menjadi lambat akses internet itu bisa jadi ada orang lain yang menggunakan koneksi wifi tanpa sepengetahuan kita. Cara mencegahnya, gunakan password yang sulit dan gunakan enkripsi WPA2.

Cukup mudah bukan untuk meningkatkan sinyal wifi pada Smartphone Android. Semoga bermanfaat