Pastinya Anda sudah tidak asing lagi mendengar aplikasi bawaan seperti bloatware. Tidak semua aplikasi yang ada di Android Anda itu memiliki fungsi yang bermanfaat, ada juga aplikasi bawaan yang dapat memberikan efek tidak baik juga ke Android Anda.

Sebelum masuk ke tips cara menghilangkann aplikasi bawaan seperti bloatware, kita harus tau dulu apa itu bloatware. bloatware adalah aplikasi bawaan yang cenderung tidak digunakan. Karena bloatware ini digunakan untuk kepetingan tertentu saja.

Meskipun aplikasi ini tidak berbahasa sama sekali, tapi banyak juga yang berfikiran kalau aplikasi ini tidak banyak digunakan sehingga mereka merasa terganggu dengan adanya aplikasi ini di Android mereka. Sehingga para pengguna beranggapan untuk menguninstall aplikasi ini. Tapi sangat disayangkan aplikasi ini tidak dapat diuninstall.

Ada tips untuk menghilangkan aplikasi bloatware ini dengan sangat mudah, berikut cara untuk mengilangkannya:

1.Dengan menyembunyikan aplikasi ini juga sudah bisa dikatakan telah menghilang. Meskipun bila kita perhatikan atau kita artikan tidak benar benar menghilang atau terhapus sesungguhnya di perangkat Android. Dengan cara ini, tidak akan mengganggu home screen Android Anda.

Biasanya dibeberapa perusahaan pembuat jasa Android sengaja menyediakan beberapa pilihan menu di app drawernya yang sudah ada pilihan lagi berupa hide/show app. Itulah yang biasanya mengganggu pemandangan pada saat membuka Android. Tapi tanpa kita sadari juga aplikasi bloatware ini juga tetap berjalan meskipun kita sembunyikan dan itu juga dapat memakan memori.

2.Selanjutnya dengan cara mematikan aplikas yang tidak digunakan di belakang layar dan usahakan agar ikon yang tidak berjalan itu tidak muncul di home screen. Tapi tetap saja jangan beranggapan kalau aplikasi bawaan ini hilang sepenuhnya, aplikasi ini tidak dapat hilang begitu saja dari perangkat Android Anda. Cara ini cukup baik agar tidak mengganggu home screen Android Anda dan juga agar tidak menghabiskan daya pada Android anda.

Ada caranya untuk mematikan aplikasi ini: setting – Apps –matikan, nanti akan muncul opsi disable.