Smartphone yang kita gunakan selama ini tentunya sangat membantu sekali bukan?? Tapi kadang kala kita kesal dengan tiba – tiba Smartphone tersebut mati.

Tanpa kita sadari matinya Smartphone tersebut dikarenakan daya baterai dengan performa yang menurun. Biasanya hal ini dilihat dari kinerja baterai yang sering drop. Tidak menutup kemungkinan dengan Smartphone mahal sekalipun baterai akan tetap drop. Karena baterai pun memiliki umur yang sulit kita perkirakan, hal tersebut tergantung dari pemakaian dan perawatan yang dilakukan pengguna. Hal ini menjadi salah satu masalah yang terjadi pada Smartphone saat ini.

Walaupun sudah melakukan banyak cara untuk menghindari dari gangguan pada baterai, tapi tetap saja hal ini sulit dihindari dan tetap mengalami masalah. Untuk masalah baterai yang mudah drop inilah yang sulit dihindari karena melihat dari umur perawatan baterainya.

Maka dari itu pada saat pengecekan pada Smartphone Android harus semuanya, mulai dari kinerja prosessor, layar sampai daya tahan baterai Smartphone. Sangat penting sekali untuk mengetahui kondisi baterai Smartphone Android. Berikut tips untuk mengetahui kondisi baterai Smartphone Android.

1.Perhatikan Tampilan Luar Baterai

Langkah awal untuk mengetahui kondisi dari baterai Smartphone Android adalah dengan melihat bagian luar baterai. Pengguna bisa cek keseluruhan bagian luar baterai Smartphone. Apakah baterai tersebut terlihat mengembung atau ada korosi logam pada baterainya. Hal ini bisa dilihat dari warna logam baterai yang mulai berwarna keputihan. Jika terlihat timbulkan korosi logam, maka harus segera mengganti baterai Smartphone. Karena jika tidak diganti akan berdampak pada Smartphone pada saat digunakan, dan dapat merusak bagian / elemen yang terdapat pada Smartphone.

2.Memperhatikan Daya Tahan Baterai

Perhatikan daya tahan pada baterai Smartphone, mulai dari cepat berkurang kah baterai tersebut dari biasanya? Jika baterai dalam kondisi full dan tiba – tiba habis padahal kondisi tidak dipergunakan untuk aktifitas lain, maka bisa dipastikan baterai tersebut sudah nge – drop.

3.Tools Pendiagnosa baterai

Pengguna Smartphone juga bisa menggunakan alat bantu dengan Tools pendiagnosa baterai. Alat ini berfungsi untuk mengetahui kondisi kesehatan pada baterai. Caranya dengan menekan *#*#4636#*#* pada papan tombol. Secara otomatis akan muncul pemberitahuan / informari lengkap mengenai kesehatan baterai. Kondisinya baik atau buruk saat ini.

Jadi jangan sampai daya baterai pada Smartphone tidak dicek, karena baterai merupakan salah satu hal terpenting untuk bekerjanya Smartphone. Itulah tips untuk mengetahui kondisi baterai Smartphone. Semoga bermanfaat.