Kehilangan smartphone mungkin menjadi hal yang menyebalkan dan merugikan bagi sebagian besar orang pada umumnya, maka dari itu sebelum smartphone mu hilang alangkah lebih baik kamu mencegahnya terlebih dahulu agar smarthpone mu tidak berpindah tangan kepada orang lain. Di Artikel kali ini saya akan berbagi tentang tips untuk membuat smartphone mu tidak hilang.

Smartphone saat ini menjadi alat paling utama untuk sebagian orang, alat untuk berkomunikasi, bahkan alat untuk menyimpan file-file yang penting, namun tidak ada salah nya sebelum smartphone kamu hilang, kamu mengikuti tips-tips dibawah ini :

  • Gunakan Fitur Pengunci Layar

Hal ini merupakan salah satu cara yang paling umum dilakukan sebagian orang, Meskipun sederhana, cara ini dapat mencegah  orang yang tidak bertanggung jawab untuk masuk dengan mudahnya melihat-lihat smartphone kamu.Adapun fitur pengunci layar kamu bisa memilihnya dengan menggunakan password PIN, sidik jari, pola kunci yang sudah tersedia di smartphone kamu.

  • Atur PIN di Kartu SIM

Meskipun kamu telah menggunakan pengunci layar, tidak jarang juga pencuri yang dapat langsung mengambil kartu SIM di perangkat kamu dan memasang di perangkat miliknya. Maka dari itu sebelum hal tersebut terjadi alangkah lebih baik kamu mencegahnya terlebih dahulu, kamu bisa menggunakan pengunci PIN di kartu sim Card kamu, Jadi kalau pun sim Card kamu di ambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab orang tersebut tidak akan bisa untuk memanfaatkan sim Card kamu.

  • Gunakan Aplikasi Pencari Smartphone

Dengan menggunaka Aplikasi pencari smatphone lebih memudahkan kamu untuk mencari nya ketika hilang, Saat ini seluruh sistem operasi smartphone sudah memiliki fitur pencarian perangkat. Lewat aplikasi ini, Kamu bisa menemukan smartphone yang ingin dicari dengan masuk ke situs ataupun mengaksesnya dari perangkat lain.

Namun, cara tersebut  bisa digunakan apabila kondisi baterai di smarphone kamu mendukung, dan juga harus terkoneksi ke jaringan internet. Akan tetapi apabila sim Card kamu telah di lepas oleh pencuri maka cara tersebut tidak dapat berguna lagi.

  • Buat Cadangan Data di Smartphone

Salah satu cara yang juga cukup efektif ketika smartphone kamu hilang adalah dengan membuat cadangan data yang sudah diback up sebelumnya. Dengan adanya cadangan data,kamu tetap bisa mengakses data-data yang ada di smartphone kamu yang hilang atau dicuri. Untuk itu, tak ada salahnya kamu harus membuat cadangan data di perangkat lain agar ketika smartphone kamu hilang kamu masih mempunyai cadangan data-data yang telah kamu simpan sebelumnya.

Sekian tips untuk membuat smartphone mu tidak hilang, mungkin cara tersebut bisa membuat kamu agar lebih berhati-hati untuk selalu menjaga smartphone mu dan tidak berpindah tangan ke orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat.