Seperti yang kita ketahui sekarang, penggunaan Smartphone Android sudah menjadi salah satu alat bantu kita beraktifitas. Tidak hanya kita gunakan sebagai komunikasi via telp, SMS dan masih banyak lagi, Smartphone pun juga sebagai salah satu alat untuk bekerja.

Tapi tidak hanya menggunakan Smartphone saja, hal inipun harus menggunakan paket data untuk menjalankannya. Nah biasanya juga banyak orang yang berburu paket data murah untuk menghemat penggunaan. Karena saat ini paket yang ditawarkan oleh operator seluler lumayan mahal. Maka dari itu kita sebagai pengguna Smartphone khususnya pengguna paket data internet harus bisa membatasi penggunaan paket data yang berlebihan.

Berikut tips untuk  membatasi penggunaan paket data di Smartphone Android:

1.Memantau penggunaan data

Pengguna Smartphone harus cermat untuk membatasi penggunaan data pada Smartphone. Tentunya harus memantau penggunaan datanya, dengan cara:

  • Masuk ke menu settings – wireless & networks – data usage
  • Akan muncul grafik dan data penunjang seputar penggunaan data, bisa di jaringan SIM 1, SIM 2 bahkan Wifi.
  • Pengguna Smartphone bisa menentukan periode penggunaan data, bisa diatur sehari, sepekan, sebulan, setahun.
  • Tidak hanya itu, pengguna juga bisa melihat aplikasi mana saja yang memakan data yang paling banyak.

2.Menentukan notifikasi untuk batas penggunaan data

Jadi para pengguna Smartphone bisa menentukan notifikasi untuk batas penggunaan data dalam suatu periode tertentu. Caranya adalah cukup menarik garis pada grafik dengan tulisan warning disebelah samping kiri sesuai dengan jumlah data yang diinginkan. Notifikasi tersebut akan muncul secara otomatis jika jumlah data yang ditentukan sudah tercapai. Untuk menentukan batas pada penggunaan data, pengguna cukup mengetuk Set celular data limit sampai muncul tampilan pemberitahuan “penggunaan data sudah mencapai batas maksimal, perangkat akan mematikan koneksi data jaringan seluler” lalu Ok.

Note: saat koneksi data pada jaringan seluler mati, aplikasi dan fitur yang ada pada Smartphone tidak akan berfungsi.

Itulah beberapa tips untuk membatasi penggunaan paket data pada Smartphone Android. Semoga bermanfaat.