Dengan adanya perangkat Smartphone kini, tentunya sudah banyak pula yang mengetahui berbagai keuntungan dari perangkat ini. Nah dengan banyaknya kegunaan dari Smartphone ini, tentunya harus ada juga aplikasi pendukung untuk menyempurnakannya.

Beberapa aplikasi pendukung Smartphone yang sering digunakan yaitu seperti media sosial WhatsApp, BBM dan aplikasi seperti Drive pada Smartphone yang membutuhkan kuota atau penggunaan data. Kadang tanpa kita sadari, sering kali kuota atau penggunaan data ini tiba – tiba habis. Itulah yang membuat kita sering kesal dan marah, karena dengan ketidakadaanya kuota susah sekali kita ingin melakukan suatu kegiatan yang memang mengharuskan kita menggunakan Smartphone dan kuota. Ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan kuota sering sekali cepat habis, tentunya kita harus memantau kenapa faktor itu terjadi?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan, berikut tips untuk memantau penggunaan data pada aplikasi smartphone diantaranya:

1.Adanya fitur auto update aplikasi yang aktif dan aplikasi yang berjalan di belakang layar

Hal ini ternyata masih aktif meskipun kita sudah meminimizenya. Dan perlu anda ketahui dengan aktifnya ini akan terus mengakses internet yang menggunakan berlebihan data. Jadi kita harus memastikan dan harus bisa menggunakan penggunaan data yang maksimal.

2.Cara agar pemakaian data tetap terjaga

Kita harus bisa memantau pemakaian data atau kuota yang kita miliki agar tidak boros. Caranya dengan membuka settings – pilih data usage. Dengan itu pengguna bisa melihat daftar penggunaa pada masing – masing aplikasi yang sedang digunakan. Dengan adanya daftar itu kita bisa melihat secara otomatis menampilkan aplikasi dengan mengkonsumsi data terbanyak jadi kita tau aplikasi mana saja yang memakan pengunaan data atau kuota yang banyak dan mengetahui berapa banyak data yang sudah digunakan.

Tentunya tidak ingin terjadi seperti itu secara terus menerus bukan ?? maka dari itu kita bisa membatasi penggunaan data pada beberapa aplikasi yang sekiranya jarang digunakan. Kita sortir terlebih dahulu aplikasi mana yang jarang digunakan. Lalu kita bisa mengaktifkan restrict background data pada bagian Settings. Setelah itu aturkan fungsi pembaruan otomatis di Google Play Store.

Dan selalu pastikan fungsi auto update mati dengan mengaturnya agar aplikasi tersebut tidak melakukan pembaruan secara otomatis pada saat menggunakan wifi. Karena sebagian aplikasi akan update setelah dihubungkan dengan koneksi wifi.

Maka dari itu selalu pastikan pemakaian data pada Smartphone yang berlebihan. Berikut tips untuk memantau penggunaan data atau kuota pada aplikasi Smartphone.