Seperti yang sudah pernah di bahas pada artikel – artikel sebelumnya mengenai virus atau malware, virus ini adalah salah satu ancaman yang menjadi masalah pengguna komputer maupun Smartphone. 

Virus ini banyak juga menyerang komputer khususnya Windows. Akibatnya virus ini menyebabkan pengguna komputer atau Smartphone bisa kehilangan data – data penting sehingga terjadi kerusakan yang permanen pada komputer.

Pengguna komputer maupun Smartphone ataupun perangkat yang sekiranya mudah terserang virus ini, harus pintar – pintar untuk memprotek atau melindungi perangkatnya dari virus. Sudah banyak antivirus yang tersedia di berbagai layanan, dan hal ini menjadi salah satu hal wajib untuk melindungi komputer, Smartphone dari terserangnya virus.

Perlu anda ketahui juga, bahwa antivirus ini juga memakan memory / ruang yang cukup besar yang dapat menyebabkan performa atau kualitas komputer menjadi lambat. Mungkin bagi sebagian orang ada yang tidak menyukai adanya performa yang kurang baik bukan?

Tidak perlu khawatir, berikut ada tips untuk melindungi Komputer, Smartphone tanpa menggunakan antivirus :

1.Mengunci akses write pada hardisk

-Buka Command Prompt dengan Run as Administrator

-Ketik Disk Part lalu Enter

-Ketik List Volume dan tekan kembali enter

– Pilih hardisk yang akan diproteksi

Pilih hardisk yang akan diproteksi berdasarkan pilihan volume sebelum ini.

Dengan menggunakan cara ini adalah salah satu tips untuk melindungi komputer / Smartphone tanpa menggunakan antivirus. Pengguna pun tidak perlu khawatir lagi dengan antivirus -antivirus yang dapat membuat performa menjadi lambat. Tapi cara ini memiliki kelemahan yaitu tidak bisa mengisi data pada hardisknya. Semoga bermanfaat