Biasanya kita sering mengenal fotograpy itu dengan menggunakan kamera yang sering digunakan pada umumnya, namun kini mobile photography sudah sering digunakan oleh masyarakat. Hal ini dapat dengan mudah kita simpulkan sebagai kegiatan fotografi menggunakan alat mobile yang biasa kita sebut dengan gadget.

Gadgetpun bisa dijadikan kegiatan fotografi karena selain lebih simple untuk dibawa, dan juga sekarang sudah banya gadget yang canggih.

Kini kita bisa lihat banyak sekali foto foto menarik yang diekspose di social media. Seperti foto yang biasanya dipajang di pameran foto. Hal itu sudah dapat diapresiasikan di social media.

Karena pada dasarnya fotografi tetap fotografi menggunakan media apapun hasilnya akan tetap menjadi fotografi. Karena fotografi sendiri memiliki prinsip dasar yang menjadi patokan.

-Kita harus tau alat atau gadget yang kita gunakan : Karena setiap gadget yang digunakan itu berbeda beda. Entah itu dari pencahayaannya, saturasi ataupun yang lainnya. Dan waktunya pun berbeda juga ada yang lambat dan ada yang memang cepat. Kita harus mengenali alat tersebut, karena itu bagian hal yang penting untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Kita harus tau juga cara memegang gadget yang karena gadget sendiri merupakan benda yang tidak ergonomis untuk melakukan fotografi.

-Kita jangan lupakan untuk selalu memperhatikan pencahayaan yang digunakan: Karena pencahayaan sendiri merupakan salah satu yang diutamakan untuk fotografi ini. Pada saat kita mengambil gambar di belakang subjek pasti foto yang dihasilkan itu akan berbeda. Instensitas cahaya juga berbeda pada setiap jamnya. Jika ingin mendapatkan golden moment itu bisa ambil foto sekitar jam 6-8 pagi dan 4-5.30 sore karena cahaya matahari dijam tersebut dapat dengan mudah dikontrol. Ataupun jika ingin membuat cahaya sendiri dengan menggunakan atau mamanfaatkan layar dari gadget kita itu juga bisa.