Back up data selalu menjadi ide bagus karena persiapan sebelum data hilang oleh berbagai hal yang tidak di duga-duga, kita tidak perlu panik karena sebelumnya sudah back up data. Salah satu alat untuk penyimpanan data yang banyak diminati yaitu Hardisk Eksternal. Melihat di luar sana banyak pilihan mungkin dari kita bingung untuk memilih Hardisk yang mana yang paling bagus. 

Ketika memutuskan untuk membeli Hardisk yang bagus ada beberapa yang harus di perhatikan. Berikut hal-hal yang harus di perhatikan ketika memilih atau membeli Hardisk:

1. Kapasitas penyimpanan

Kapasitas penyimpanan di Hardisk Eksternal dapat berkisar sekitar dari 2GB – 4TB. Bahkan, beberapa perusahaan menempatkan dua 4TB drive dalam satu chassis yang menciptakan 8TB HDD dan kapasitas ini sudah sangat besar. Untuk referensi, komputer saat ini biasanya memakai kapasitas Hardisk antara sekitar 250GB – 750GB . Ukuran yang pas bagi kita yang keperluannya hanya untuk menyimpan video dapat memakai Hardisk dengan kapasitas 1TB atau 2TB. Jika kebanyakan hanya menyimpan email dan dokumen dapat memilih Hardisk dengan ukuran yang lebih kecil di bawah 1 TB. Pokoknya semakin banyak file yang ingin kita simpan semakin besar kapasitas Hardisk yang dibutuhkan.

2. Kecepatan Transfer

Jika kita berencana untuk back up data komputer atau laptop setiap minggu atau lebih, sebagian besar Hardisk Eksternal akan cukup. Jika kita menggunakannya untuk file besar seperti video kita dapat memilih perangkat untuk mengambil data dari komputer karena itu akan lebih cepat. Dalam hal ini, sebuah Hardisk dengan antarmuka USB 3.0 lebih baik dan USB jenis ini sebagai lawan dengan antarmuka USB 2.0. Meskipun USB 2.0 masih umum, salinan antarmuka file pada kecepatan 10 kali lebih lambat dari USB 3.0. Meskipun USB 3.0 lebih cepat dalam hal mentransfer file ada namanya eSATA dengan urutan kedua setelah USB 3.0U hanya harganya cenderung mahal. Selanjutnya FireWire juga menjadi urutan ketiga setelah eSATA. Jadi idealnya jika kita ingin mencari drive yang dapat menangani USB 3.0 asal komputer kita memiliki port USB 3.0. Tidak semua hardisk eksternal bekerja dengan semua komputer.

 

3. Keamanan

Pastikan Hardisk Eksternal kita dilengkapi dengan enkripsi berbasis hardware, yang lebih diandalkan dari enkripsi berbasis software. Hal ini penting jika kita ingin membeli drive mobile portabel untuk di bawa – bawa kemana mana.

4. Kemudahan Penggunaan

Jika kita seorang pemula atau tidak mau repot dengan instalasi dan konfigurasi perangkat lunak utilitas, pilih drive dengan perangkat lunak yang disertakan ini membuat kita jauh lebih mudah. Namun, tidak ada yang gagal-aman, sehingga membeli garansi adalah bukan ide yang buruk, terutama yang berlangsung selama jauh lebih lama dari satu tahun karena Anda harus dapat menggunakan hard drive eksternal untuk beberapa.

5. Kesesuaian

Apakah kita memiliki PC atau Mac? Pastikan pertanyaan ini selalu menjadi salah satu alasan membeli Hardisk karena harus menyesuaikan. Beberapa Hardisk hanya kompatibel dengan PC atau Mac dan tidak keduanya.