Setiap pengguna Browser pastinya sudah mengetahui dengan nama browser Chrome. Browser ini bisa dibuka di Smartphone maupun di desktop. Biasanya pengguna Smartphone juga menggunakan browser ini untuk searching sesuatu untuk menunjang pekerjaannya ataupun kegiatannya.

Terkadang pada saat kita membuka situs / website dipenuhi dengan banyak iklan, pastinya terganggu dengan banyaknya iklan yang menghalangi kita mendapatkan informasi dari situs tersebut. Banyak ekstensi Google Chrome yang dapat memblokir iklan – iklan yang tidak dibutuhkan, AddBlock ini adalah salah satu pilihan yang efektif untuk mengatasi hal tersebut. Nah jika iklan muncul dalam bentuk pop – up di situs web, itu mungkin harus menghapus adware yang menginfeksi komputer ataupun Smartphone.

Berikut tips menghilangkan iklan di Google Chrome menggunakan AdBlock :

1.Pasang AdBlock

Untuk Smartphone install terlebih dahulu aplikasi AdBlock. Jika sudah terpasang, buka AdBlock – klik tombol + Free berwarna biru untuk memasang AdBlock.

Apabila dengan cara ini tidak berhasil, bisa menggunakan AdBlock Plus sebagai gantinya. Layanan ini dibuat oleh orang yang berbeda, tapi memiliki bagian yang hampir sama dengan model bisnis sebelumnya. AdBlock ini dijalankan dari donasi dan untuk memblokir iklan secara default.

2. Klik ikon AdBlock

Klik ikon AdBlock untuk membuka kendali. Ikon baru akan muncul di sebelah kanan alamat chrome (heksagon warna merah dengan ikon tangan di tengahnya). Ikon ini untuk mengakses kendalinya.

Nanti akan terdapat angka yang ada pada ikon tersebut. Angka tersebut menginfokan untuk mengetahui banyak iklan yang dinonaktifkan pada situs/web yang saat ini sedang dilihat. Jadi dapat menonaktifkan di opsinya dengan menghilangkan centangnya di show on adblock button.

3. Blokir Iklan yang Lolos

Sekarang  pengguna Smartphone maupun desktop tidak perlu khawatir lagi, karena Adblock akan secara otomatis aktif di semua halaman dan bisa menangkap hampir semua iklan yang ada. Atau bisa juga memblokir sesuatu selain iklan di suatu halaman untuk mempercepat waktu pemuatan, caranya adalah :

-Klik ikon dan pilih Block an aad on this page atau klik kanan iklannya dan pilih Adblock -> Block this ad

-Arahkan mouse sampai ke iklan tersebut tersorot dalam warna biru – lalu klik (kecuali telah memilih iklan tertentu)

-Gerakan panel slider sampai iklannya hilang. Panel geser akan muncul di jendela pop up yang dapat diseret area di sekitar layar jika ingin melihat apa yang ada di jendela.

-Klik looks good untuk memblokir iklan secara permanen

4. Ubah Opsi yang Beraneka Ragam

Klik ikon untuk memunculkan menu opsi lagi – klik option untuk membuka tab baru. Bisa juga untuk mengubah opsi-opsi disini. Dan untuk mendukung saluran Youtube terntentu, aktifkan opsi daftar putih youtube, kunjungi video yang ada di saluran youtube lalu klik ikon AdBlock – Whitelist.

Periksa advance option untuk melihat daftar fitur yang tidak berfungsi sepenuhnya seperti,melewatkan deteksi pemblokiran iklan dan mensinkronkan pengaturan anda di komputer lain dengan Dropbox.

Itulah tips menghilangkan iklan di google Chrome menggunakan AdBlock. Jadi kita tidak perlu repot dan merasa risih lagi dengan tampilan situs yang dipenuhi oleh iklan-iklan, dengan menggunakan cara ini iklan tidak akan bermunculan lagi. Semoga bermanfaat