Tips Mengembalikan Memory Card Yang Rusak Dan Tidak Terbaca – Semua Orang yang menggunakan gadget terutama pengguna smartphone pasti memakai memory card external  atau yang kita kenal dengan Kartu SD (SD Card) untuk menyimpan data – data yang ada di smartphone kalian walaupun dismartphone kalian sudah mempunyai memori internal yang tersedia. Dan pasti kalian pernah mengalami masalah pada memori card kalian seperti tidak terbaca. Hal ini bisa membuat kalian menjadi bingung atau bahkan panik karena ada beberapa data yang kalian butuhkan berada di dalam memory card yang tidak terbaca tersebut.


Kalian bisa membuat memory card tersebut terbaca kembali dengan cara berikut ini yaitu kalian bisa mengikuti tips – tips yang ada di artikel berikut ini.

1. Bersihkan Kartu Memori
Untuk membersihkan kartu memori kalian bisa membersihkannya dengan cara pertama kalian harus mengeluarkan kartu memory card kalian dari smartphone kalian kemudian bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil yang berwarna putih dan gosok perlahan hingga lempengan tembaga tersebut bersih. Bila sudah bersih kalian bisa memasukkan kembali memori card tersebut ke smartphone kalian dan cek apakah sudah terbaca atau belum.

2. Format Memory Card dari Android
Langkah untuk memformat dari android kalian bisa ke menu Setting kemudian storage dan dalam storage kalian bisa pilih Erase SD Card kemudian dengan menghapus Memory Card atau format, Memory Card kalian bisa bersih dan menjadi seperti baru :D.

3. Cek dari PC
caranya yang pertama kalian harus menghubungkan Smartphone kalian ke PC. Untuk menghubungkannya kalian bisa menghubungkannya dengan menggunakan kabel data.Dan berikutnya pastikan android kalian terhubung dalam Mass Storage Mode (MSC) bukan Media Transfer Mode (MTP). Kemudian buka windows explorer dan klik kanan pada Drive kartu memori kemudian pilih Properties – Tools – Error Checking dan tunggu sampai semua proses checking selesai. Setelah selesai kalian bisa Eject kartu memori cardnya kemudian cek apakah sudah terbaca atau belum.

Di atas adalah merupakan sebagian dari Tips Mengembalikan Memory Card Yang Rusak Dan Tidak Terbaca, Tips diatas merupakan sedikit cara yang bisa kalian gunakan dan masih banyak cara yang lain sebenarnya untuk mengatasi masalah tersebut tetapi kalian bisa menggunakan 3 tips di atas untuk langkah utama yang harus kalian dilakukan atau kalian coba. Dan semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua dan selamat mencoba, bila kalian sudah melakukan tips – tips diatas tapi memory card kalian masih tetap tidak terbaca itu berarti kalian memang benar – benar harus menggantinya dengan yang baru, hehe. Oke semoga tips – tips diatas bisa berguna ya buat memory card kalian yang rusak atau tidak terbaca. Sampai bertemu di artikel yang lainnya ya 🙂