Untuk menjadi fotografer profesional, tidak hanya dibutuhkan perangkat yang canggih, melainkan waktu, pengetahuan dan praktek. Dengan memiliki pengetahuan dan pengalaman, seseorang akan terlatih untuk mengambil foto yang menakjubkan. Tapi, di zaman modern ini semua sudah serba canggih, jadi hanya bermodalkan kamera smartphone saja, Anda bisa menghasilkan gambar yang kualitasnya bagus.

Tips Memotret Dengan Kamera Smartphone

Supaya mendapatkan gambar yang kualitasnya sama dengan hasil jepretan kamera digital, Anda perlu menerapkan tips-tips memotret dengan kamera smartphone berikut:

  1. Pahami perangkat yang digunakan. Apabila ingin mendapatkan gambar berkualitas, Anda harus memakai smartphone yang sensor kameranya tinggi. Jangan berharap dapat menghasilkan gambar yang bening dengan smartphone low-end.

  2. Otak-atik pengaturan kamera. Sebenarnya ini tergantung smartphone yang digunakan. Tapi, saat ini sudah banyak ponsel pintar yang berkemampuan dapat mengatur fokus kamera, pencahayaan sampai ISO. Jangan ragu ketika ingin mencoba kombinasi pengaturan kamera tersebut untuk mendapatkan gambar yang sempurna.

  3. Gunakan flash. Kendala paling umum yang dihadapi oleh pengguna smartphone, terutama low-end ialah tidak bisa mengambil foto di keadaan gelap. Nah, cara mengakalinya adalah menyalakan lampu flash yang ada di smartphone tersebut. Tapi, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya karena terkadang cahaya yang dihasilkan kurang seimbang. Selain itu, Anda bisa memainkan eksposur untuk menambah kecerahan gambar.

  4. Cari angle yang sempurna. Angle atau sudut pengambilan gambar sangat berperan besar dalam menghasilkan foto yang maksimal. Apabila angle pengambilan foto tepat, objek akan terlihat dramatis atau lebih terang. Jadi, jangan takut untuk memotret objek dari berbagai sudut, tidak fokus pada satu sisi saja.

  5. Hindari pemakaian zoom digital. Menggunakan zoom digital ketika mengambil foto dengan smartphone hanya akan menghasilkan gambar yang kurang detail. Sebab, lensa smartphone tidak mempunyai kemampuan untuk memperbesar serta menjaga kualitas foto di waktu yang sama. Oleh karena itu, agar Anda mendapatkan gambar yang detail, lebih baik bergerak mendekat ke objek foto.

Pastikan untuk mengambil foto dengan dua tangan supaya hasilnya tidak blur. Bila Anda tidak bisa memegang smartphone dengan stabil, solusinya adalah mengaktifkan pengaturan anti-shake atau menggunakan tripod.