Hallo kawan-kawan, kali ini Saya mau memberikan tips memilih smartphone dengan prosesor terbaik.

Seperti yang kita tau banyak informasi dari berbagai macam media menganggap bahwa prosesor smartphone terbaik adalah prosesor yang jumlah intinya paling banyak. Hal tersebut terbantahkan, saat tes kemampuan prosesor antara prosesor dual core dan quad core untuk membandingkan. Misalnya seperti ini, prosesor Intel Atom Z2560 hanya mempunyai dua inti prosesor yang kecepatannya 1,6 GHz, tetapi bisa mengalahkan MediaTek MT6582 yang mempunyai empat inti prosesor yang kecepatannya 1,3 GHz ketika tes benchmark.

Jadi untuk menentukan prosesor smartphone yang terbaik bukan karena jumlah inti di dalamnya. Untuk mengetahui prosesor smartphone yang terbaik, kita harus mencari tau informasi atau survey pada pengguna smartphone atau review smartphone tersebut saat ada pamerannya. Memang sulit untuk menentukan yang terbaik, karena setiap prosesor pada smartphone mempunyai kelebihan masing-masing. Namun tidak ada cara lain selain mengetahui informasinya seperti di bawah ini.

Qualcomm

Qualcomm adalah produsen Chipset yang muncul lebih dulu daripada produsen lainnya. Ini membuat Qualcomm dikenal sebagai perusahaan yang dipercaya berpengalaman menghadirkan chipset yang mempunyai prosesor dengan kemampuan terbaik. Banyak smartphone dengan harga tinggi menggunakan prosesor dari Qualcomm yang membuatnya menjadi lebih berkelas.

MediaTek

MediaTek adalah produsen yang fokus menciptakan chipset dengan jumlah banyak, tetapi harga yang ditawarkan murah. Kemampuan chipset dari MediaTek pernah dianggap kalah jauh dibandingkan chipset dari Qualcomm. Hal ini menjadikan prosesor yang diciptakan MediaTek ini dianggap jelek. Namun, tidak lama anggapan itu terbantahkan setelah MediaTek berkembang menciptakan chipset yang hampir menyamai kemampuan dari chipset Qualcomm. Contoh smartphone kelas atas yang menggunakan chipset MediaTek, yaitu LG G3.

Intel

Produsen yang terkenal dengan prosesornya yang sering digunakan pada PC ini ternyata telat menciptakan chipset untuk smartphone. Namun, tidak berlangsung lama kata telat menempel pada produsen tersebut. Intel telah menghadirkan prosesor Intel Atom yang mempunyai kemampuan lebih baik. Prosesor dual core adalah keunggulannya yang menjadikan prosesor ini seperti mempunyai empat inti. Banyak smartphone yang menggunakan chipset dari Intel, salah satu contohnya adalah ASUS Zenfone.

Nvidia Tegra

Produsen ini terkenal dengan VGA card-nya untuk PC dalam bermain game dan desain grafis. Sekarang ini produsen tersebut juga fokus dalam pengembangannya membuat chipset yang tangguh untuk bermain game pada smartphone. Untuk para gamer dan pecinta desain grafis sangat cocok menggunakan produk dari produsen ini. Smartphone yang menggunakan chipset buatannya adalah HTC One.

Exynos

Exynos adalah chipset dari Samsung yang kurang begitu terkenal. Penggunaan chipset ini pun mungkin hanya digunakan oleh perangkat Samsung saja. Jika dibandingkan dengan Qualcomm mungkin tidak begitu jauh sekali. Hal ini yang membuat Samsung pun lebih banyak menggunakan chipset dari Qualcomm. Walaupun begitu, kemampuan Exynos juga tidak bisa dianggap remeh. Hal yang membuat chipset ini jarang dipakai, karena kurang terkenal saja. Kalau pun ada mungkin hanya smartphone kelas atas saja.

Itulah sedikit informasi mengenai tips memilih smartphone yang memiliki prosesor dengan performa terbaik. Namun, hal ini tidak bisa menjadi penilaian untuk menentukan prosesor smartphone terbaik. Hal lain yang menentukan smartphone tersebut menjadi yang terbaik, karena ada dukungan perangkat lainnya seperti RAM.

Semoga apa yang Saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan.