Harga iPhone cukup mahal dan cukup menguras kantong, jika kita putus asa untuk dapat memiliki iPhone karena budget tidak cukup, membeli iPhone bekas adalah cara alternatifnya.

Saat membeli iPhone bekas, ini lah saat dimana kita menghadapi tantangan karena harus nego untuk harga yang wajar dan itu tidak begitu mudah. Pasar iPhone begitu besar dan pasti ada beberapa permainan yang licik disana. Meskipun kita akan membeli iPhone bekas, tetap kita mengingikan perangkat yang berkualitas dan asli karena banyak di pasaran yang menawarkan dengan harga murah dan ternyata itu bukan iPhone asli atau ada juga yang menawarkan dengan harga mahal tetapi keadaan iPhone yang buruk. Untuk mendapatkan iPbhone yang kita inginkan mari ikuti langkah-langkah berikut.

1. Periksa Nomor IMEI dari Tubuh Iphone dan dari Software
Ada kemungkinan bahwa iPhone yang kita beli memiliki body yang sudah diganti. Itu berarti si Iphone telah terjadi kerusakan yang mungkin telah terendam air atau bisa jatuh hancur.

Tips Membeli Iphone Bekas yang Berkualitas

Meskipun eksterior mungkin terlihat baru dan mengkilap, internal bisa memiliki cerita yang berbeda.
Pada bagian belakang iPhone kita akan melihat nomor IMEI. Bandingkan dengan salah satu di OS. Pergi ke Settings -> General -> About, scrool ke bawah untuk IMEI, dan bandingkan sendiri.
Tips Membeli Iphone Bekas yang Berkualitas
Jika body memang berubah, kita mungkin berhasil mendapatkannya pada tingkat harga yang lebih murah.

2. Periksa apakah IMEI Diblokir
Tips Membeli Iphone Bekas yang Berkualitas
Swappa memiliki alat online gratis untuk memeriksa nomor IMEI perangkat kita terhadap blacklist global. Pergi ke situs, ketik nomor IMEI dan tunggu beberapa saat untuk memumculkan hasilnya.

3. Hapus Data
Sebelum membeli iPhone, komponen penting yang harus di pastikan adalah bahwa iPhone sudah bersih dara data data sebelumny, dari data si pemilik. Kita juga dapat melakukannya dengan pergi ke General -> Reset ->Erase All Content and Settings to remove everything from the iPhone.

Tips Membeli Iphone Bekas yang Berkualitas

4. Periksa Garansi
Pergi ke halaman ini dan ketik nomor seri perangkat. Jika setelah memasukan no seri dan lalu tampilan berganti pada halaman berikutnya, itu berarti iPhone membeli legit. Belum dilaporkan dicuri dan bukan model pengganti. Kita dapat belajar bagaimana untuk menemukan nomor seri perangkat dari sini. Kita  bisa mendapatkannya dari Settings -> General -> About on your iPhone atau dari belakang perangkat. Halaman ini akan memberitahu kita jika ponsel ini masih tertutup dalam masa garansi dan akan memverifikasi tanggal pembelian.