Seperti yang kita ketahui charger Smartphone sangatlah penting sekali karena itulah caranya untuk mengisi daya baterai Smartphone.

Charge ini sering disebut dengan nyawanya Smartphone. Tapi kita juga harus berhati hati dengan charger ini karena kita bisa melihat kualitas yang didapat dari charger tersebut. Jika kita memakai charger yang palsu juga dapat berpengaruh dengan kualitas Smartphone.

Charger asli biasanya adalah bawaan dari Smartphone pada saat membelinya. Terkadang charger yang kita punya itu rusak dan tidak bisa dipakai lagi untuk men charger Smartphone. Biasanya charger palsu itu dijual dengan kisaran yang sangat murah. Bisa kita lihat pada saat kita membeli charger yang bukan bawaan Smartphone tidak lama baterai yang digunakan akan kembung. Tapi dengan charger bawaan itu akan lebih cepat proses pengisian baterainya dan memiliki juga teknologi fast charging. Pastinya ingin tau juga dong perbedaan dari charger asli atau palsu, berikut tips untuk membedakan charger Smartphone yang asli dengan yang palsu:

  1. Bawalah adapter charger yang asli ketika membeli charger yang baru. Karena dengan membawa adapter yang asli kita bisa membedakan charger yang asli dengan yang palsu. Caranya ada bisa menyamakan dalam segi design adapternya sampai semua angka yang sudah ada diadapter asli sama dengan angka yang diadapter yang akan dibeli. Setelah itu samakan juga struktur atau dalam segi bentuknya mulai port Dari situlah kita bisa membedakan adapter yang asli dan mana yang palsu. Jadi perhatikanlah dari segi design, bentuk colokannya sampai ke warna tulisan yang ada pada charger.
  2. Selalu perhatikan kabel USB, karena jika ternyata kabel USB yang baru dibeli itu palsu akan membuat kualitas pengisian ulang baterai tidak masksimal. Kabel USB ini kegunaannya untuk mengisi ulang baterai atau bisa juga digunakan untuk transfer file entah itu dari Smartphone ke komputer. Kabel USB yang palsu itu sering kali memiliki colokan USB yang panjang dan warna pada chargeranya gelap.
  3. Jika masih kurang maksimal lagi atau masih ragu bisa langsung datang ke toko resmi. Hal ini untuk menghindari pembelian charger yang palsu. Karena kalaupun membelinya di toko online itu tidak dapat membedakan antara charger asli ataupun palsunya. Sekarang banyak toko resmi yang memiliki situs atau layanan online sebagai pusat belanja dengan jaminan barangnya asli serta menyediakan garansi.
  4. Dan satu lagi jangan tertipu oleh harga yang tersedia karena biasanya harga itu menipu agar dapat memikat para pelanggan. Hal yang harus dipastikan itu keamanan untuk Smartphone sebagai kestabilan serta daya tahan dihilangkan untuk menekan harga jualnya.

Pastikan sebelum anda membeli charger baru untuk Smartphone yaitu keamanannya, garansi terutama.