Biasanya smartphone kita sering digunakan untuk main game dan dilengkapi juga dengan perangkat untuk hiburan di Smartphone Android kita seperti TV, video dan sebagainya.

Tidak hanya kita menikmati dalam ukuran atau pada tampilan Smartphone kita, kita juga sering ingin menonton TV, video ataupun main game dengan tampilan yang lebih besar lagi. Kini kita sudah bisa menggunakan Smartphone untuk menonton dan sebagainya di tampilan TV.

Berikut tips dan trik untuk menonton TV dari Smartphone Android kita, diantaranya;

  1. Anda dapat menggunakan Miracast, bagi Anda yang menggunakan Smart TV untuk perangkat Miracast ini biasanya mendukung. Miracast ini memanfaatkan Wi-fi Direct jadi langsung antara Smartphone Android dan TV. Ada beberapa Android yang dibekali fitur seperti wireless display, mirroring. Perangkat berikut dapat mendukung miracast untuk perangkat Smartphone Android dan TV. Caranya adalah aktifkan fitur miracast – buka menu bar notifikasi atau isa dengan setting – display – aktifkan wireless display. Secara otomatis perangkat Android akan mencari perangkat miracast yaitu TV. Jika sudah terdeteksi di layar Smartphone Android lalu masukan kode atau PIN yang nanti akan muncul di TV.
  2. Karena tidak semua TV mendukung Miracast ini ada cara lain yaitu dengan menggunakan fitur Google Chromecast. Untuk fitur ini berbayar dan harganya pun cukup mahal, tapi kualitasnya bagus. Cara menghubungkannya adalah
  • Hubungkan google Chromecast dengan kabel power – sambungkan ke port HDMI di TV anda.
  • Gantilah tampilan input pada TV ke HDMI yang sudah terhubung dengan chromecast
  • Install-lah Chromecast – hubungkan Chromecast dengan router Wi-fi di rumah.
  1. Bisa juga dengan menggunakan koneksi kabel untuk menampilkan perangkat Smartphone Android anda ke layar TV. Caranya harusnya memiliki port HDMI. Pertama bisa gunakan kabel micro/mini HDMI to HDMI. Jangan lupa memastikan perangkat Smartphone Android anda memilikinport mini. Pilihan selanjutnya bisa menggunakan MHL adapter. Caranya ini bisa dikatakan mudah karena nya memasangkan kabel tersebut ke perangkat TV anda.

Jadi sudah perlu khawatir lagi, kini sudah ada cara mudah untuk menghubungkan Smartphone Android ke layar TV anda.