Kini sudah banyak Android yang beredar di pasaran ataupun toko toko ponsel, memang kita harus mengikuti perkembangan zaman yang ada saat ini dengan mengeluarkan produk baru. Dengan adanya perkembangan zaman ini, para konsumen dapat memilih type dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tapi kita juga harus cermat dalam memilihnya, karena ada sebagian produsen yang curang yang sengaja mengganti atau merepasi ponsel yang asli dengan yang palsu. Ataupun membuat handphone yang sejenis melainkan palsu. Para produsen curang menggunakan merek ternama untuk mendapatkan keuntungan.

Ada tips dan triknya nih untuk membedakan android yang asli dengan yang palsu :

1.Anda bisa mengecek bentuk fisik Android yang akan dibeli, caranya sebelum Anda membeli handphone sebaiknya anda mencari taunya dengan cara search disitu anda bisa cek bentuk fisik dan bahan yang digunakan. Karena meskipun itu asli atau palsu pasti ada perbedaannya.

2.Selalu memastikan nomor IMEI di setiap pembelian Android caranya cukup tekan tombol *#06#.  Setelah keluar nomor IMEI nya coba cocokan nomor tersebut dengan nomor yang tertera di kotak ponsel yang ada beli atau bisa lihat nomor IMEI nya di situs imei.info. Di situs imei.info akan muncul informasi mengenai ponsel yang dimaksud. Karena setiap ponsel memiliki nomor IMEI masing-masing.

3.Anda juga bisa mengecek atau menguji kamera ponselnya karena bisa saja kamera yang didapat nanti tidak sesuai dengan spesifikasi yang sebenarnya. Maka dari itu sebelum mengujinya bisa di cek dulu spesifikasi dari ponsel itu sendiri. Jika hasilnya berbeda dari spesifikasi yang ada, kemungkinan besar itu palsu. Atau bisa dengan memindahkan gambar hasil jepretan ke computer yang berbasis windows. Untuk mengetahuinya tinggal klik foto – properties – details. Dari hasil itu bisa dilihat itu sesuai dengan ponsel atau tidak.

4.Dan jangan tergiur dengan harga yang murah, karena harga yang murah bisa saja ponsel yang dijual itu hanya replica dari ponsel yang asli jadi produsen berani memakai harga yang murah agar konsumen tertarik.

Dan yang paling penting perhatikanlah ponsel yang Anda beli itu memiliki garansi tidak. Karena garansi juga penting untuk ponsel Anda.