Dengan semakin ramainya dunia jaringan koneksi internet seperti 2G, 3G. Kini sudah ada jaringan baru yaitu 4G LTE. Tapi tidak melupakan jaringan 3G yang lama, karena kini masih banyak juga yang menggunakan jaringan ini.

Ada beberapa handhone yang tidak mendukung dengan adanya jaringan 4G, jangan khawatir bagi Anda yang belum bisa menggunakan jaringan 4G yang super cepat. Karena dengan jaringan 3G pun jaringan koneksi internet di handphone Smartphone Anda tetap cepat.

Ada beberapa tips dan trik agar jaringan koneksi internet Anda tetap cepat dengan menggunakan jaringan 3G.

1.Agar jaringan koneksi internet tetap cepat Anda bisa mengganti ke perangkat yang lebih baik lagi itu bisa di searching dengan aplikasi Opera Max. Aplikasi ini akan bekerja mengambil alih kendali otoriter pengguna data dan aplikasi ini pun dapat memaksimalkan tingkat kecepat untuk pencarian. Walaupun pada umumnya aplikasi ini sering digunakan untuk jaringa wifi tapi hal ini juga baik untuk jaringan 3G yang digunakan.

2.Ada lagi yang namanya Facebook Lite, aplikasi ini dibuat sengaja untuk para pengguna yang handphone Smartphonenya tidak mendukung untuk mengakses jaringan dan aplikasi Facebook Lite memiliki tujuan khusus yaitu memberikan pengalaman dan meningkatkan pengalaman tersebut bagi para pengguna 3G. Dengan adanya aplikasi Facebook Lite ini dapat mempercepat jaringan untuk koneksi internet 3G Anda.

3.Dengan menon-aktifkan gambar yang ada di browser. Anda bisa memindahkan browser di text only mode. Gunanya agar menghindari pemuatan gambar yang memakan internet cukup besar. Hal ini juga berguna pada saat Anda mengabaikan gambar tersebut itu akan membuat jaringan koneksi internet anda lebih cepat tau besar.

4.Biasanya pada saat kita memakai handphone Smartphone kita, kita tidak menyadari bahwa salah satu penggunaaan internet juga ada hubungannya dengan Clear Cache. Apa itu Clear Cache? Clear cache adalah folder sementa internet. Jadi jika itu tidak kosongkan itu akan membuat jaringan koneksi internet Anda semakin lambat. Itu merupakan salah satu kurang optimalnya dalam penggunaan perangkat jaringan.

Cache itu sendiri gunanya untuk mempercepat pada saat membuka suatu aplikas di Smartphone Anda.  Adapun caranya:

Setting application-manage applications-hapus cache.

5.Langkah terakhir adalah memilih mode jaringan untuk mengoptimalkan kecepatan data untuk jaringan 3G koneksi internet ada pada Smartphone yang Anda gunakan. Selain mempercepat jaringan juga menghemat bateri pada smartphone Anda.