Sudah banyak smartphone yang semakin lama dipakai itu menjadi semakin lambat. Tidak seperti pada saat pertama kali menggunakan yang baru. Pada saat pertama kali menggunakan pasti serasa cepat. Dan pasti anda memiliki anggapan untuk mengganti smartphone anda dengan yang baru. Saran saya anda bisa pertimbangkan kembali untuk menggantinya, karena ada tips dan trik agar performa smartphone anda kembali seperti semula.

Berikut tips dan trik agar performa agar smartphone anda semakin cepat,

1.Pastikan selalu membersihkan home screen

Biasanya banyak widget bertebaran di panel panel home screen, terkadang banyak sekali yang ada di home screen, jika beberapa saja tidak masalah tapi jika mencapai puluhan itu akan secara otomatis mengecek perbaruan terbaru itu yang membuat daya prosesor bekerja lebih banyak. Maka dari itu bersihkan widget yang ada di home screen untuk memberi hasil yang maksimal, tapi tidak semua juga yang dihapus, hapuslah beberapa agar tidak terlalu banyak di home screen dan membantu untuk system kerjanya prosesor yang bekerja.

2.Menon – aktifkan bloatware

Aplikasi bloatware ini adalah aplikasi atau layanan yang secara default terpasang di smartphone. Bloatware ini tidak dapat dihapus oleh anda, tapi dengan adanya smartphone canggih kini sudah bisa dinon-aktifkan. Ini gunakan untuk mempercepat  daya smartphone.

3.Matikan GPS jika tidak digunakan, karena setelah disurvey GPS jika digunakan secara terus menerus akan mempercepat baterai smartphone anda habis. Tidak hanya itu, GPS ini pun bisa mempengaruhi hal hal yang lainnya juga. Aktifkanlah GPS pada saat digunakan saja, jika sudah selesai digunakan langsung menon-aktifkan GPSnya.

4.Pasanglah aplikasi pembersih yang biasa disebut dengan Clean Master. Aplikasi ini dapat memindai adanya file sampah yang berpengaruh memperlambat system untuk bekerja. Biasanya aplikasi ini memaksa aplikasi yang sedang berjalan jadi berhenti. Dengan adanya pemindaian ini system bekerja smartphone anda akan semakin cepat.