Pasti kalian pengguna smartphone sudah tidak heran lagi mendengar kata SD Card atau sering disebut juga dengan memori eksternal pada smartphone. Sekarang sudah banyak beredar SD Card yang palsu, maka dari itu kita harus bisa membedakan SD Card yang asli dan SD Card yang palsu.

Ada tidak jenis SD Card pada umumnya:

1.SD Card : SD Card ini sifatnya universal, bisa menggunakan adapter sebagai kartu memori yang selanjurnya.

2.Mini SD : Mini SD biasanya terdapat di handphone lama, yang kegunaannya untuk menyimpan pada perangkat MP3.

3.Micro SD : Yang satu ini merupakan SD Card yang baru dan sudah dipasang di perangkat smaprthone zaman ini. Untuk ukurannya lebih kecil dari SD Card sebelumnya jadi simple untuk dibawa bawa. Ini juga bisa dihubungkan dengan perangkat yang lainnya menggunakan SD Card adapter.

– Secara fisik SD Card sulit untuk dibedakannya Antara yang asli dengan yang palsu. SD Card yang asli ataupun yang palsu memiliki kegunaan yang sama, yaitu bisa untuk menyimpan data digital. Yang membedakan itu SD Card palsu mudah sekali mengalami kerusakan, banyak sekali masalah yang didapat jika menggunakan SD Card yang palsu, contohnya: transfer data menjadi lambat, sering sekali tidak terbaca oleh perangkat handphone dan masalah masalah yang lainnya.

Bisa juga di cek SD Cardnya menggunakan cetakan nama mereka atau hanya menggunakan sticker saja. Biasanya kartu memori atau SD Card yang asli menggunakan cetakan merk pada permukaan SD Cardnya dan yang palsu hanya menggunakan sticker yang ditempel saja.

– Bisa juga membedakannya dengan menggunakan aplikasi

Aplikasi yang digunakan yaitu SD Insight, ini untuk mengetahui data dari perangkat SD Card yang digunakan itu asli atau palsu.

Selalu pastikan SD Card yang digunakan itu sesuai dengan data yang ada di kemasan atau nota pada saat pembeliaan atau tidak. Yang terpenting pastikan juga tgl pembuatan dan produksi kartu memori yang digunakan sesuai juga dengan yang tertera di kemasan. Perhatikan juga nomor model, serial nomornya. Minta juga garansi minimal 1 tahun pada SD Cardnya. Karena data digital yang anda miliki pasti sangat penting.