Meningkatnya tingkat pemakaian kuota data seluler untuk keperluan browsing, pemakaian sosial media atau hiburan lainnya seperti menonton video di youtube dll menyebabkan kantong agak sedikit terkuras karena harus membeli pulsa data seluler yang cepat habis. Tidak dapat di pungkiri juga data seluler / kuota tidak dapat di pisahkan di kehidupan kita melihat zaman sekarang yang serba internet dan sudah menjadi kebutuhan. Lalu bagaimana cara agar data seluler tidak cepat habis dan tidak menguras kantong sedangkan di sisi lain kita juga tidak bisa lepas dari kuota data seluler. Jangan khawatir pada artikel kali ini saya akan berbagi mengenai tips dan trik menghindari pemakaian data seluler yang berlebihan.

1. Selalu Pantau Penggunaan Data
Onavo Count
Bila kita memiliki kuota mobile data, hal pertama yang harus dilakukan adalah memantau penggunaan data. Tepatnya, kita harus memantau aplikasi yang memakan kuota banyak. Semakin kita memahami bagian mana yang banyak memakan kuota, semakin baik untuk kita dapat mengelola kuota.

2. Pasang Alarm Bila Kuota Melebihi Penggunaan
My Data Manager
Ketika kita asik browsing, kita akan cenderung lupa untuk memantau penggunaan data. Itulah mengapa kita harus mengatur alarm untuk mengingatkan bila kita menggunakan terlalu banyak kuota. Pada iOS, download My Data Manager, sebuah aplikasi yang berguna yang akan memantau penggunaan data seluler.

3. Gunakan Koneksi Data Dengan Lambat

Semakin cepat kecepatan data kita, semakin kuota akan cepat habis. Bahkan jika kita tidak menon-aktifkan penggunaan data untuk data yang lambat akan memungkinkan adanya proses pengambilan kuota data tanpa diketahui dan kita akan tiba-tiba dengan tak sadar bahwa kuota telah habis. Caranya mungkin kita dapat beralih ke 3G daripada 4G. Sebuah kecepatan yang lebih lambat akan berarti lebih sedikit penggunaan data.

4. Me non-aktifkan Aplikasi Di Latar Belakang
iOS Task Manager
Ketika kita menutup aplikasi sebenarnya aplikasi itu sendiri tidak benar-benar tidak “tertutup”. Mungkin masih ada beberapa proses di latar belakang yang berjalan untuk alasan tertentu. Salah satu alasannya adalah bahwa itu terhubung ke internet dalam rangka untuk menyelesaikan item-download ke aplikasi. Agar kita dapat memastikan bahwa aplikasi itu benar-benar tertutup, kita dapat menggunakan task manager pada ponsel kita. Di iOS, klik ganda tombol Home untuk melihat daftar yang pada saat ini apa saja aplikasi yang di masih berjalan lalu geser ke atas untuk memaksa berhenti.

5. Matikan Data Untuk Aplikasi Tertentu
Android Restrict background data
Kadang-kadang kita tidak peduli berapa banyak waktu aplikasi itu berhenti dan pada saat itu juga kuota akan terus terkikis. Jika ini terus terjadi untuk sebuah aplikasi yang kita gunakan, ada cara untuk benar-benar menyangkal penggunaan aplikasi mobile data kita.

Pada iOS, pergi ke Settings> Seluler dan mematikan data seluler untuk aplikasi yang bersangkutan. Ini akan mencegah aplikasi dari yang pernah menggunakan data seluler kita. Pada Android, masuk ke Settings> Data Usage, pilih aplikasi yang dimaksud dan di bagian bawah halaman centang kotak, centang untuk Batasi data latar belakang.

6. Matikan Auto Update Selama Seluler
Android Auto-update apps
iOS dan Android memungkinkan kita untuk memperbarui aplikasi kita secara otomatis. Kita mungkin ingin mematikan fitur ini saat menggunakan data seluler. Pada iOS, pergi ke Settings> iTunes & App Store dan beralih off Gunakan Seluler Data. Pada Android, pergi ke Settings Play Store dan ketuk Pembaruan aplikasi. Centang kotak untuk Pembaruan aplikasi melalui Wi-Fi saja.

7. Matikan Data Seluler
Android Mobile Off
Ini adalah untuk kasus-kasus ekstrim saja. Jika kita menyadari bahwa kita telah mendekati batas kuota data seluler, kita dapat menonaktifkan data seluler ketika benar-benar tidak perlu menggunakannya dan hanya menyalakannya ketika kita perlu.