Tips dan Trik Mengetik Cepat Dalam Waktu Singkat – Sudah banyak aplikasi yang bisa memudahkan kamu dalam kegiatan sehari-hari baik untuk pekerjaan maupun untuk kepentingan pribadi. Pekerjaan kantor merupakan hal yang harus kamu kerjakan, terutama untuk kamu yang bertugas sebagai admin pasti tidak luput dengan tugas mengetik. 

Seperti membuat laporan, membuat dokumen, input data dan lain-lain. Kegiatan tersebut pasti membutuhkan waktu yang lama apalagi jika kamu masih lambat dalam mengetik. Kemampuan mengetik secara cepat tentu merupakan hal yang cukup sulit dilakukan oleh seseorang, perlu latihan dan kesabaran agar kamu bisa mengetik secara cepat. Jika kamu sudah bisa mengetik secara cepat pasti dapat membantu kamu dalam menyelesaikan tugas secara cepat dan pastinya kamu tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mengerjakan tugas tersebut.

Kamu bisa mengikuti beberapa tips mengenai cara mengetik cepat dalam waktu yang singkat.

1. Atur Tempat Kerja

Hal pertama yang harus kamu perhatikan yaitu kamu harus mengatur tempat kerja kamu, sehingga kamu merasa nyaman ketika mengetik. Jika kamu mengetik menggunakan laptop sebaiknya simpan laptop dimeja daripada di pangkuan.

2. Melihat Video Tutorial di Youtube

Jika kamu ingin belajar otodidak, kamu bisa menggunakan media youtube untuk belajar mengetik secara cepat. Caranya kamu bisa membuka video tutorial dari Howcast.com, hal yang harus kamu perhatikan adalah posisi tempat duduk ketika mengetik dan penempatan jari yang sesuai diatas keyboard. Ketika kamu sudah paham mengenai hal tersebut silahkan ulangi beberapa kali video tersebut sampai kamu benar-benar bisa mempraktekannya.

3. Posisi Tangan Yang Benar

Untuk mengetik dengan baik kalian harus menempatkan posisi jari secara benar karena setiap jari memiliki fungsi dan penempatan yang berbeda. Berikut adalah penempatan jari yang benar.

Tangan Kanan :

  • Telunjuk : J,U,M,Y,H,N
  • Jari Tengah : K, I, tanda koma (,)
  • Jari Manis : L, O, tanda titik (.)
  • Kelingking : P, tanda titik dua dan titik koma (;/:)
  • Jempol : Untuk spasi

Tangan Kiri :

  • Telunjuk : F,R,V,T,G,B
  • Jari Tengah : D,E,C
  • Jari Manis : S,W,X
  • Kelingking : A,Q,Z
  • Jempol : Untuk spasi

4. Praktek Menggunakan Aplikasi

Akan lebih baik jika kamu langsung memprakteknya, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi untuk melatih kemampuan mengetik secara cepat dengan menggunakan aplikasi contohnya aplikasi 10fastfingers.com atau typing.com.

Itulah Tips dan Trik Mengetik Cepat Dalam Waktu Singkat, jangan lupa terus berlatih dan jangan gampang menyerah yah kawan 😉