Tips dan Trik Mengetahui Berita Benar Atau Tidak – Menurut Wikipedia, berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, internet atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.

Zaman sekarang orang-orang lebih banyak mencari berita atau informasi di Internet. Dan semakin banyak pengguna internet maka semakin bertambah pula berita dan informasi yang bisa kita peroleh. Maka dari itu, sebuah berita bisa cepat menyebar luas.

Namun, kalian jangan langsung percaya dengan adanya sebuah berita. Kini orang-orang menghiraukan benar atau tidaknya berita. Yang mereka pikirkan adalah yang terpenting beritanya terlihat update tidak peduli berita tersebut benar atau tidak.

Sebelum kita menerima berita atau informasi sebaiknya kita periksa terlebih dahulu kebenarannya, dan jangan langsung disebarkan. Jika berita yang disebarkan ternyata tidak benar, itu bisa jadi sebuah kebohongan.

Tahukah kalian? Kita dapat mengetahui mana berita yang benar atau tidak dengan beberapa cara. Cara ini tidak sepenuhnya bisa mengungkap benar atau tidaknya sebuah berita. Setidaknya kita berusaha untuk mengetahui kebenaran atas berita yang kita dapat.

Dibawah ini tips dan trik mengetahui berita benar atau tidak. Silahkan disimak teman-teman 🙂

1. Cek URL Situs

Hal yang pertama kali harus kalian lakukan yaitu dengan melakukan pengecekan berita berasal dari situs mana. Apakah situs tersebut bermutu? Apakah situs tersebut menggunakan URL yang benar?

2. Cek Foto

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengecek foto yang ada di berita tersebut. Caranya yaitu dengan mendownload foto tersebut. Setelah itu, bukalah Google Image pada browser dan seret foto tersebut kedalam kolom pencarian Google Image. Lalu periksalah hasilnya untuk mengetaui sumber dan caption yang asli dari foto tersebut.

3. Cross Check berita

Mungkin diantara kalian baru pertama kali mendengar kalimat cross check. Cross check adalah memeriksa kembali. Jadi, jika kalian menerima sebuah berita alangkah lebih baik jika kalian melakukan cross check terlebih dahulu, kalian bisa melakukannya dengan menggunakan mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dan mesin pencari lainnya.

4. Periksa siapa penulis berita

Hal terakhir yang perlu dilakukan yaitu periksa siapa penulis berita tersebut. Karena sekarang ini banyak sekali orang yang menulis berita hanya demi uang. Berita yang ia tulis dibuat menjadi viral sehingga banyak pengunjung yang mengunjungi websitenya. Dengan begitu, penulis dipasangi iklan dan akan mendapatkan uang.

Itulah tips dan trik mengetahui berita benar atau tidak. Yang terpenting kita jangan langsung percaya terhadap suatu berita. Terima kasih semoga bermanfaat 🙂