Buat kalian yang hobi foto-foto, pasti kalian pernah merasa kesulitan ketika foto-foto di malam hari. Biasanya di malam hari banyak momen menarik untuk diabadikan seperti kembang api, lampu-lampu malam, jalanan dengan lampu terang, dll. Dari masalah tersebut, berikut saya share tips dan trik memotret di malam hari.

1. Gunakan Tripod

gunakan-tripod

Apa sih fungsi tripod saat berfoto di malam hari? Tripod sangat penting saat berfoto di malam hari, karena pada pencahayaan yang minim sensor kamera butuh waktu paparan yang lebih lama saat mengambil gambar. Dengan menggunakan tripod akan menjamin kamera tetap stabil sehingga gambar yang dihasilkan tetap tajam dan tidak blur serta menghasilkan gambar yang maksimal.

2. Pengaturan ISO

pengaturan-iso

Pengaturan ISO sangat penting ketika kamu akan berfoto di malam hari, karena pengaturan ISO mempengaruhi sensitivitas sensor kamera pada cahaya. Pilihlah ISO tertinggi pada kameramu asal noise (bintik-bintik putih) yang muncul masih dalam ambang batas normal, semakin tinggi ISO, maka kemungkinan timbulnya bintik-bintik putih pada foto juga akan semakin besar. Jadi, pemilihan ISO yang tepat akan membuat hasil fotomu bagus.

3. Pemilihan waktu yang tepat

pemilihan-waktu-yang-tepat

Lakukan pemotretan ketika matahari terbenam sebelum suasana benar-benar gelap. Karena mengambil foto pada waktu ini akan menghasilkan gambar yang bagus dan menarik. Kamu akan mendapatkan hasil gambar yang tidak biasa dari warna langit seperti biru, oranye, atau ungu.

4. Lakukan teknik bracketing

lakukan-teknik-bracketing

Teknik bracketing adalah teknik pemotretan untuk mengantisipasi pencahayaan yang rumit. Kamera akan mengambil eksposure yang pas. Jika kita memotret peristiwa penting di malam hari, teknik ini sangat cocok digunakan.

5. Terus berlatih

terus-berlatih-memotret-di-malam-hari

Tips dan trik memotret di malam hari yang terakhir yaitu teruslah berlatih. Memang tidak mudah mendapatkan hasil yang bagus di malam hari, maka dari itu, dibutuhkan banyak latihan supaya nantinya kita terbiasa untuk memotret di malam hari dan mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Bagaimana teman-teman? Semoga tips dan trik memotret di malam hari kali ini dapat membantu kalian mendapatkan hasil potret yang bagus. Selamat mencoba 😉