Pada era ini, banyak orang yang sudah menggunakan media sosial, dan setiap orangnya pasti memiliki banyak sekali akun media sosial seperti instagram, facebook, twitter, line, snapchat dan lain sebagainya. Hal ini menjadi masalah yang perlu diberikan solusi. Apa sih masalahnya? Dengan banyaknya akun media sosial yang kamu miliki, kalian akan sulit untuk mengingat password dari masing-masing akun tersebut. Apalagi kalau kalian membuat passwordnya rumit dengan kombinasi huruf dan angka yang sulit diingat.

Tapi kalian jangan khawatir, pada artikel kali ini saya akan share tips dan trik aman menyimpan password supaya kalian tidak lupa akan password yang telah kalian buat sebelumnya.

1. Gunakan Aplikasi Penyimpan Password

Kalian bisa download aplikasi 1Password di smartphonemu menggunakan Google Play Store. Aplikasi ini memiliki keuntungan yaitu kalian bisa menyimpan semua password akun media sosialmu. Selain bisa menyimpan semua password akun media sosialmu, aplikasi ini juga dapat menyimpan informasi pribadi lainnya seperti akun FTP, data pribadi, lisensi aplikasi, nomor kartu kredit dan catatan.

1password

Ketika kamu pertama kali menggunakan aplikasi 1Password, kamu akan diminta untuk membuat sebuah file baru yang akan dipakai untuk menyimpan semua informasi kamu. Lalu, kamu akan diminta buat master password untuk file yang dibuat tadi. Ingat dan catat master password yang dibuat tadi, karena satu password itu adalah satu-satunya kunci untuk mengakses semua datamu yang sudah tersimpan.

Dengan memakai aplikasi 1Password ini kalian akan dipermudah untuk mengingat semua password akun media sosialmu. Tidak ada lagi kejadian lupa password karena semua passwordmu sudah disimpan dengan aman di aplikasi 1Password.

2. Ingat Password di Kepala

Tips dan trik aman menyimpan password lainnya yaitu dengan mengingat password di kepala. Dengan mengingat password ini, tidak ada orang yang bisa menebak atau melihat catatan kumpulan passwordmu. Tapi dengan cara ini kalian akan lupa sewaktu-waktu karena terlalu banyak yang harus diingat ataupun karena terlalu lama mengingatnya.

3. Tulis Password di Catatan Pribadi

Tulis passwordmu di sebuah dokumen pribadi seperti catatan pribadi ataupun buku diary. Tapi jika suatu waktu ada orang iseng yang membuka catatan pribadimu, maka semua catatan kumpulan password media sosialmu akan tersebar dan akan menjadi hal yang serius.

4. Gunakan Rumus Password

Tips dan trik aman menyimpan password yang terakhir yaitu dengan menggunakan rumus password. Maksud dari rumus password ini yaitu kalian bisa membuat password dengan mengambil beberapa huruf dari nama domain kalian, dan kombinasikan dengan nomor yang sering kalian ingat. Cara unik ini sangat aman untuk mempermudah kamu mengingat beberapa passwordmu.

Itulah beberapa tips dan trik aman menyimpan password buat kamu yang memiliki banyak akun media sosial. Kamu bisa pilih salah satu cara diatas yang menurutmu efektif untuk digunakan. Semoga bermanfaat kawan! 😉