Belajar pemrograman android adalah salah satu yang paling banyak dicari oleh seorang programmer. Oleh sebab itu banyak materi yang berkaitan dengan program android yang ada di media cetak maupun non cetak. Meski begitu, banyak orang yang bingung, hal apa yang terklebih dahulu harus diketahui sebelum dia terjun ke dalam pemrograman android. Untuk melakukan pemrograman dengan Adroid Anda bisa menggunakan bebrapa bahasa pemrograman jangan hanya satu bahasa pemrograman, sebab dalam memrogram android kita di tuntut dalam beberapa bahasa. Berikut ini adalah beberpa bahasa yang harus Anda kuasai :

  1. XML, XML merupakan bahasa yang sangat penting dalam mempelajari pemrograman. Yang Anda perlu ketahui adalah aturannya saja.
  2. Jjava Script, bahasa pemrograman ini sering digunakan untuk pemrograman android, sering sekali game di android menggunakan bahasa java.
  3. JSON, JSON merupakan format data yang akan digunakan da;lam mengirim data yang dilakukan dari webservice ke android. Anda akan menjumpai JSON pada pembelajaran Android tingkat lanjut terutama jika Anda bermain dengan client server.
  4. Eclipse, eclipse merupakan bagian IDE yang biasa digunakan dalam pemrograman android. Banyak programmer yang awalnya programmer java menggunakan aplikasi netbeans. Tentunya Eclipse menjadi mudah dan tidak menjadki sulit, Anda hanya cukup familiar dengan beberapa antarmuka atau interface dan layout yang ada pada Eclipse itu.