Seperti yang kita ketahui mengenai Smartphone dan koneksi internet sekarang sudah menjadi salah satu yang penting untuk menunjang kegiatan sehari – hari.

Biasanya pengguna Smartphone menggunakan penggunaan data pada Smartphone untuk membantu terkoneksi pada internet. Tapi saat sudah banyak sekali koneksi internet yang tidak berbayar yang sering kita sebut dengan Wifi. Sudah menjadi incaran sebagaian kalangan masyarakat menggunakan wifi  ini. Tempat – tempat wisata, tempat nongkrong, café dan tempat – tempat lainnya yang sudah menyediakan wifi  gratis ini. Tapi dengan banyakanya pemakaian wifi ini tidak semua pihak memberikan wifi untuk kepuasan pelanggan saja, ada juga yang ingin mendapatkan informasi penting dari pengguna Smartphone.

Kita harus selalu waspada pada wifi – wifi gratisan, kita harus mengetahui sumber tersebut bukan baik atau tidak? Ada beberapa tips agar internet kita aman dari wifi gratisan:

1.Pastikan selalu mengecek ulang nama wifi yang digunakan

Kita bisa pastikan nama wifi yang digunakan sesuai dengan lokasi atau tempat yang sedang kita kunjungi. Jangan sembarangan menggunakan wifi yang tidak tau asal usulnya. Biasanya tempat – tempat yang  menyediakan wifi seperti café, akan memberikan nama wifinya sesuai dengan nama tempat. Karena tanpa kita sadari memakai wifi yang tidak tau dari mana asalnya, bisa jadi  wifi yang sedang kita gunakan saat itu adalah hacker yang sengaja memasang wifi untuk mendapatkan informasi data pada Smartphone kita. Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa langsung memastikannya ke petugas café untuk menanyakan nama wifi yang tersedia dan kata sandinya.

2.Menghindari untuk mengakses informasi yang sifatnya sensitive

Jika sedang menggunakan wifi gratis atau wifi public, hindarilah mengakses informasi yang sifatnya sensitive. Karena wifi ini rentan sekali dengan serangan cyber. Jika kita tetap mengakses informasi yang sifatnya penting atau sensitive cyber akan mengetahui data apasaja yang kita cari. Itulah kesempatan cyber untuk mengambil informasi kita.

3.Sebelum menghubungkan Smartphone pada Wifi hendaknya diatur manual

Agar lebih aman saat mengakses wifi, pengguna Smartphone jangan mengatur agar perangkat terhubung dengan koneksi wifi secara otomatis. Karena dengan hal itu kita tidak mengetahui wifi mana yang masuk ke perangkat Smartphone yang kita gunakan. Itu akan membuat hacker lebih mudah mendapatkan informasi pribadi kita. Lebih baik Smartphone yang akan terkoneksi dengan wifi dibuat manual saat kita ingin mengakses internet.

Itulah tips agar internet aman dari wifi gratisan. Maka dari itu jangan sampai kita sembarangan memakai wifi yang gratisan. Karena tidak semua wifi yang gratisan itu tidak baik untuk Smartphone ataupun data yang ada di dalam Smartphonenya. Semoga bermanfaat.