Tingkah Laku Masyarakat Jika Sudah Kecanduan Sosial Media – Banyak para pengguna smartphone yang memiliki akun sosial media, bahkan pengguna sosial media memiliki banyak akun. Mulai dari Facebook, BBM, Instagram atau bahkan yang lainnya. Trend yang sudah menghantui masyarakat memang sudah tidak bisa dipungkiri. Istilah “kekinian” pun sudah menjadi asumsi masyarakat agar tidak ketinggalan zaman. Saya sendiri pun sudah sangat sulit untuk hidup tanpa media sosial. Kenapa? Karena terbiasa dan membiasakan dengan hal tersebut.

Jika kamu masih polos terhadap sosial media, please! Jangan membuat banyak akun yang akan membuat kamu sibuk sendiri. Mungkin bisa kamu perhatikan di sekeliling kamu orang-orang yang sibuk sendiri dengan smartphone yang dia miliki. Mereka tidak mengetahui keadaan sekitar, dan asik dengan dunia nya. Oke kalau begitu mari kita ulas mengenai tingkah laku masyarakat jika sudah kecanduan sosial media :

1. Selalu Cek Sosial Media
Apa hal yang akan kamu lakukan setiap bangun pagi? Jujur, kalau saya adalah mencari smartphone. Entah untuk cek jam, mematikan alarm atau cek sosial media. Atau bahkan saya bisa update “WAKE UP” di akun Path. Dan di jam-jam yang memang seharusnya digunakan untuk hal lain, malah digunakan untuk ber-sosmed ria. Malam hari saat seharusnya sudah tidur, malah digunakan untuk insomnia mengerjakan “hal” merugikan di sosmed dan menyiksa tubuh. Duhaduuuuh! Gimana mau bangun masa depan cerah kalau yang di cek hanya notifications? Mulai sekarang kurangi penggunaan sosial media yang menyita waktu bahagia kamu ya!

2. Ge-Ga-Na
Ge-Ga-Na adalah julukan bagi orang yang sudah kecanduan sosial media. Yap! Gelisah Galau Merana. “Duh, do’i bales apa ya?” “Tadi mau pada kumpul dimana ya?” “Foto instagram yang love berapa ya?” “Duh, kok path error sih?” dsb. Bisa jadi smartphone tertinggal di rumah, tidak ada paket data atau bahkan smartphone sedang lowbat. Jangan sampai kamu melakukan segala cara agar smartphone kamu tetap berada di sisi kamu. Tetap tenang dan nikmati suasana tanpa smartphone!

3. Tidak Fokus
Terus mengalami kehilangan konsentrasi merupakan ciri orang yang sudah kecanduan sosmed. Orang yang sudah mengalami kecanduan sosmed akan mengalami ketidak fokusan terhadap lingkungan dan akan mengalami fokus hanya terhadap smartphone saja. Bekerja, belajar atau bahkan hang-out bersama teman pun akan terasa hampa kalau kita hanya berfokus pada smartphone saja. Jangan sampai aktivitas kamu terganggu hanya karena sosial media.

Semoga membantu! 🙂