Salah satu komponen yang paling penting didalam sebuah handphone adalah baterai. Jika kalian mempunyai handphone canggih dengan teknologi kamera terbaru pun, kalau misalkan tanpa baterai maka tidak akan membuat handphone kalian bisa digunakan. Oleh karena itu, menjaga daya tahan baterai handphone sangatlah penting. Apakah kalian sudah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk isi ulang baterai handphone?

Mengisi ulang baterai handphone bukan hanya soal memasangkan kabel charger dari sumber daya ke USB saja, tapi juga kalian harus mengetahui cara mengisi baterai handphone yang benar. Selain itu juga, kalian harus mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengisi baterai handphone kalian. Oleh karena itu, kali ini saya akan mencoba membahas tiga waktu yang tepat untuk isi ulang handphone.

1. Saat Baterai Handphone Sisa 10%

Salah satu waktu yang tepat untuk mengisi baterai handphone adalah saat sisa baterainya tinggal 10%. Ketika baterai handphone menuju habis, ini mampu menampung daya berkekuatan tinggi sehingga proses isi ulang baterai lebih cepat. Diusahakan jangan mengisi ulang batarai handphone saat benar-benar habis, karena itu akan menyebabkan proses isi ulang lebih lama. Selain itu juga jangan pernah mengisi baterai jika masih penuh, karena itu akan sia-sia.

2. Saat Pagi Hari

Waktu yang bisa kalian gunakan untuk mengisi baterai handphone adalah di pagi hari sebangun tidur. Karena jika kalian mengisi baterai di malam hari dan meninggalkannya saat tidur, itu hanya akan membuatnya overcharging. Hal ini bisa mengakibatkan baterai handphone kalian menjadi semakin cepat habisnya. Oleh karena itu, lebih baik kalian mengisi baterai handphone di pagi hari.

3. Sesuai Kebutuhan

Sebaiknya kalian mengisi baterai sesuai dengan kebutuhan, yaitu ketika baterai mau habis dan sisa 10%. Jika kalian mengisi baterai handphone terlalu sering itu bisa menyebabkan siklus baterai handphone kalian akan cepat habisnya. Ketika baterai 10% da nisi ulang jadi 100%, ini dihitung satu siklus. Begitu juga kalau mengisi baterai saat masih 605, lalu penuh menjadi 100% ini tetap dihitung satu siklus. Hal ini jelas tidak efisien, karena rata-rata baterai handphone hanya memiliki 500-1.000 kali siklus baterai.

Nah, itulah Tiga Waktu yang Tepat untuk Isi Ulang Baterai Handphone. Ayo kita terapkan waktu yang tepat untuk isi ulang baterai handphone, supaya baterai handphone kalian awet.