Windows Vista dan sistem operasi Windows versi yang lainnya memiliki kemampuan untuk mengkonversi audio ke teks menggunakan fitur yang disebut “Speech Recognition”. Speech Recognition akan mendengarkan suara dan kata-kata kita menjadi teks saat kita berbicara. Kita dapat menggunakan fitur ini dalam setiap word processor atau program mengetik di Windows seperti Notepad, WordPad dan Microsoft Word. Nah, jika kalian merasa tertarik dengan masalah ini dan ingin bisa melakukan ikuti artikel ini karena akan membahas bagaiamana cara mengkonversi audio ke teks di Windows:

Langkah 1

Klik pada menu Start dan pilih Control Panel.

Langkah 2

Buka Ease of Access – Speech Recognition.

Langkah 3

Klik pada “Set Up sebuah Microphone” dan ikuti petunjuk wizard pemasangan. Klik “Finish” ketika Anda selesai.

Langkah 4

Klik pada Take Speech Tutorial Ikuti petunjuk di tutorial. Ini akan mengajarkan kita bagaimana berbicara dengan komputer kita..

Langkah 5

Klik pada Train your computer to better understand you lalu ikuti petunjuk pada layar. Ini akan mengajarkan komputer untuk memahami suara kita dan bagaimana kita berbicara, yang akan membantu mengkonversi suara kita lebih akurat.

Langkah 6

Buka program mengetik seperti Word atau Notepad. Katakan kalimat “Start Listening” untuk mengaktifkan pengenalan suara. Kemudian berkata lagi “Dictation.” Nah sekarang kita dapat mulai berbicara pada komputer dan akan langsung mengkonversi ke teks.