Perkembangan Steam di dunia game PC tentu sudah tidak asing di telinga banyak orang. Kesuksesan Steam sebagai platform penjualan game dan juga distributornya, membuat peran Steam di dunia teknologi gaming selalu erat. Aplikasi Steam Link di mobile device adalah trobosan terbaru untuk memudahkan para gamer mengakses library gamenya dari smartphone dan tablet.

Steam Link

Steam Link sesungguhnya bukan aplikasi baru. Program ini digunakan untuk menyambungkan game dengan teknologi streaming untuk dimainkan di berbagai alat. Tapi keterbatasan teknology hanya membuat program ini digunakan di smart TV dan PC yang speknya rendah.

Steam Link adalah teknologi yang menggunakan spek tempat game diproses lalu memancarkan ke device lain untuk disimulasi. Untuk memudahkannya berikut adalah gambarannya, bayangkan Anda memiliki high tech PC dan ada Steam serta Steam Link di dalamnya. Menggunakan Steam Link, PC ini akan menjalankan game yang Anda inginkan, tapi device yang di link dengan program ini dapat digunakan sebagai remote control jarak jauh plus layar tambahan.

Proses berat program diurus oleh PC high tech tapi Anda bermain di device yang lebih lemah (laptop kecil misalnya). Hal ini tentu membuat Anda bisa mengakses game di mana saja tanpa harus membawa PC high tech Anda.

Kelebihan dan Kelemahan Steam Link

Untuk Steam Link yang ada di smartphone dan tablet, keuntungannya masih sama. Anda bisa bermain dari kantor walau pemrosesan game ada di PC Anda. Kelebihan ini tapi datang dengan beberapa kelemahan yang masih cukup terasa.

Steam Link membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat. Sistem streaming yang tidak stabil akan mengurangi kenikmatan bermain. Koneksi device yang di link juga mempengaruhi tampilan. Hal sepeti lag, delay input dan freeze bisa tejadi.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah spek smartphone dan tablet. Display game ini biasanya HD, jika terlalu lama bekerja untuk streaming dan spek device biasa saja, battery akan cepat habis. Selain masalah battery, GPU dan CPU-nya pun bisa cepat panas.

Kesimpulan

Untuk sementara, Steam Link masih belum cocok di masyarakat Indonesia. Masalah seperti koneksi internet high speed yang stabil belum dapat disediakan di sini. Selain itu, tidak banyak orang akan menggunakan app ini karena butuh device yang high-end yang belum tentu terjangkau oleh banyak gamer.