Spectacles, Google Glass Rasa Snapchat. Menyasar generasi kekinian, September lalu Snapchat yang kini berubah nama menjadi Snap Inc meluncurkan sebuah kacamata pintar bernama Spectacles. Berbeda dari “pendahulu”nya, yaitu perangkat wearable Google Glass buatan Google yang terkesan futuristic, Snaptacles memang sengaja di desain dengan aksen yang memikat berkat perpaduan antara hardware dan software yang mumpuni serta desain yang menawan. Dihadirkan dengan banyak warna, Spectacles memang dimaksudkan untuk memikat para pecinta mode. berbeda dengan pendahulunya yang berasal dari perusahaan lain, kemampuan Spectacles memang baru hanya sebatas untuk kebutuhan merekam. Namun tidak menutup kemungkinan, dikemudian hari kacamata pintar besutan Snap Inc ini akan turut dibekali beberapa fitur yang ada di Google Glass.

 

 

Rekaman dari kacamata Spectacles ini disebut-sebut akan mirip dengan apa yang dilihat oleh mata manusia, karna Spectacles sudah dilengkapi dengan lensa kamera yang bisa merekam hingga 115 derajat. Yang berarti dengan kacamata ini penggunanya tidak hanya dimungkinkan mengambil foto, tetapi juga bisa merekam video dengan sudut hingga 115 derajat selama beberapa detik. Uniknya ketika penggunanya tengah merekam video, akan ada lampu yang menyala di perangkat Spectacles sehingga orang-orang di sekitar penggunanya tahu kalau mereka tengah direkam.

 

spectacles-google-glass-rasa-snapchat-14112016-gari1

 

Spectacles, Google Glass Rasa Snapchat. Seperti yang sudah dikatakan di awal, dengan Spectacles penggunanya bisa merekam video berdurasi beberapa detik hanya dengan menekan sebuah tombol yang berada di sisi kacamata pintar Spectacles. Video tersebut nantinya akan tersimpan di dalam perangkat Spectacles, dan penggunanya bisa pindahkan ke smartphone dengan menggunakan sambungan Wi-Fi atau Bluetooth.

Kemunculan Spectacles yang lahir dari perusahaan yang sebelumnya lebih fokus ke ranah sosial media Snap Inc disebut-sebut sebagai langkah yang berani, mengingat perusahaan internet sekelas Google juga pernah mencoba membuat perangkat wearable kacamata pintar bernama Google Glass, yang ternyata mengalami kegagalan dipasaran. Desain yang “aneh” dengan harga yang cukup mahal (sekitar US$1.500 atau Rp19,5 juta) disebut-sebut menjadi penyebab mengapa Google Glass tidak pernah bisa menjadi produk yang laris di pasaran.

Belajar dari kesalahan google, Snap Inc (nama baru Snapchat) sepertinya mencoba strategi yang berbeda. Alih-alih mendesain sebuah perangkat wearable yang futuristik, Mereka mencoba desain yang sesuai dengan fashion masa kini pada perangkat wearable mereka yaitu pada kacamata pintar Spectacles, sehingga penggunanya tidak akan merasa malu ketika mengenakannya.

Spectacles, Google Glass Rasa Snapchat. Spectacle sendiri telah resmi dijual dengan harga yang cukup terjangkau yaitu berkisar US$130 (sekitar Rp1,7 juta). Evan Spiegel Selaku CEO Snap bahkan berujar jika perangkat Spectacles sebagai “mainan”, yang bias diberikan kepada teman atau keluarga. Namun Evan pun tetap berusaha menjaga kesan eksklusif dari perangkat ini, dengan meluncurkan dalam jumlah yang terbatas di awal kemunculannya. Saking terbatasnya harga satu perangkat Spectacles tembus hamper Rp. 40 jt disitu jual beli eBay.