Terkadang kita bingung kenapa smartphone milik kita memorinya sudah penuh padahal tidak banyak menginstall aplikasi. Ternyata hal ini disebabkan karena cache yang tersimpan di smartphone milik kita. Kali ini saya akan memberikan cara menghapus cache supaya memori smartphone kita tidak penuh.

Menghapus Cache Satu Persatu

Cara menghapus cache satu persatu sangat mudah, caranya dengan masuk ke menu Settings lalu pilih Apps dan pilih All Apps selanjutnya pilih aplikasi yang cachenya akan dihapus. Nanti ketika sudah klik aplikasi yang diinginkan akan muncul gambar seperti ini

Solusi Untuk Smartphone Yang Memorinya Penuh

 

Di gambar tersebut sudah terlihat pilihan untuk menghapus cache, tinggal klik bagian itu dan cache akan terhapus. Namun bagaimana jika banyak cache yang ingin dihapus? Kalau kita hapus satu persatu menggunakan cara yang pertama pasti memakan waktu cukup lama. Oke, tenang saja ada cara lain.

Menghapus Banyak Cache

Untuk menghapus banyak cache diperlukan aplikasi tambahan yaitu App Cache Cleaner. Pertama, kalian pastinya harus menginstall aplikasi tersebut dan setelah itu buka aplikasinya. Setelah aplikasinya terbuka maka akan ada pilihan untuk menghapus semua cache, contohnya seperti gambar di bawah ini.

Solusi Untuk Smartphone Yang Memorinya Penuh

Tinggal pilih perintah “Clear All” maka cache pada smartphone kalian akan terhapus tanpa harus menyita waktu yang lama. Selain itu juga pada aplikasi ini terdapat menu Auto Clear Interval yang berguna untuk menghapus otomatis cache. 

Solusi Untuk Smartphone Yang Memorinya Penuh

Kalau sudah selesai menghapus cache pada smartphone kalian silakan cek memori smartphonenya, pasti sudah lebih kosong daripada sebelumnya. Semoga bermanfaat ya 🙂